Pembangunan Customer Relationship Management (CRM) Di CV.NJ

Gani, Abdul (2016) Pembangunan Customer Relationship Management (CRM) Di CV.NJ.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. NJ adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan yaitu tahu dan tempe. Keadaan saat ini yaitu CV. NJ masih sulit dalam mempertahankan pelanggan, itu dikarenakan kurang maksimalnya CV. NJ dalam melakukan pendekatan dengan pelanggan karena pendekatan yang dilakukan tidak teratur, tidak adanya tindak lanjut yang dilakukan terhadap pelanggan setelah pelanggan melakukan transaksi secara teratur atau pemberian reward yang tidak sesuai dengan karakteristik pelanggan. serta tidak adanya pengendalian secara kusus terhadap pelanggan yang mengakibatkan kurangnya pengetahuan dari CV. NJ mengenai keinginan pelanggan, sehingga membuat direktur CV. NJ kesulitan dalam melakukan pengendalian terhadap pelanggan yang mengakibatkan pelanggan mengurangi atau menunda transaksi yang dilakukan. Dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM), perusahaan dapat melakukan pendekatan dengan pelanggan melalui kritik saran yang diberikan oleh pelanggan, serta dapat mengetahui karakteristik pelanggan bedasarkan hasil segmentasi pelanggan sehingga dapat dengan mudah dalam melakukan pengendalian terhadap pelanggan. Model RFM merupakan model untuk menentukan segmentasi pelanggan berdasarkan recency, frequency, dan monetary. Yaitu teknik pengelompokan pelanggan dari transaksi berdasarkan transaksi terakhir yang dilakukan, banyaknya transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan total pembelian yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan hasil pengujian black box dan pengujian beta, aplikasi yang dibangun telah mencapai tujuan yaitu Sistem informasi CRM ini dapat membantu dalam melakukan pendekatan dengan pelanggan melalui sarana kritik dan saran serta membantu dalam melakukan pengendalian untuk mempertahankan pelanggan dengan memberikan pinjaman uang, pengiriman gratis serta hadiah paket kepada pelanggan setelah melakukan transaksi sesuai karakteristik pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelanggan, CRM, segmentasi, RFM, Pengendalian Pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item