Analisis Fungsionalitas Sistem Informasi Pelayanan Jasa Bagi Pelanggan (SIPEJABAT) Menggunakan Metode Kansei Engineering (Pada Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) Bandung)

Ananda, Ria (2016) Analisis Fungsionalitas Sistem Informasi Pelayanan Jasa Bagi Pelanggan (SIPEJABAT) Menggunakan Metode Kansei Engineering (Pada Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengujian sertifikasi barang dan bahan teknik, perusahaan B4T memiliki sebuah sistem untuk pelanggan yang di sebut SIPEJABAT. SIPEJABAT merupakan sistem pelayanan jasa bagi pelanggan yang berada di B4T, yang dapat membantu pelanggan dalam melihat informasi pengujian produk. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak kekurangan dari fungsionalitas sistem SIPEJABAT tersebut khususnya bagi pelanggan, beberapa kekurangan yang dihadapi pelanggan pada saat ini adalah, pada saat ingin melihat proses pengujian produk bahan dan barang, hanya beberapa informasi saja yang dapat di lihat, seperti informasi tanggal pemesanan, nama produk, tanggal produk akan selesai diuji, Adanya informasi yang kurang memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap sistem saat ini, perusahaan mengalami kesulitan tersendiri dengan adanya pelanggan yang selalu menanyakan informasi pengujian kalibrasi melalui email, dan telepon. Oleh sebab itu dilakukan penelitian pada sistem informasi SIPEJABAT. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan fungsionalitas seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, yaitu menggunakan metode Kansei Engeneering yang dapat membantu mengetahui kebutuhan dari fungsionalitas SIPEJABAT. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu kebutuhan fungsionalitas yang di inginkan oleh pelanggan dalam sistem SIPEJABAT, seperti adanya informasi detail pengujian bahan dan barang teknik, mulai dari informasi pengujian produk sampai informasi status pembayaran, dengan menggunakan metode Kansei Engineering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sipejabat, Kansei Engineering, Fungsionalitas, B4T
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item