Pengembangan Aplikasi Pengenalan Koleksi Batu ARTEFAK Menggunakan Marker Dengan Teknologi Multitouch (Studi Kasus Museum Geologi Bandung)

Rafiq Zafir, Muhammad (2016) Pengembangan Aplikasi Pengenalan Koleksi Batu ARTEFAK Menggunakan Marker Dengan Teknologi Multitouch (Studi Kasus Museum Geologi Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Museum Geologi Bandung adalah salah satu sarana pendidikan, objek pariwisata dan penyedia berbagai sumber informasi geologi. Terdapat beberapa media penyampaian informasi yang digunakan, yaitu media visual, media audio visual dan aplikasi interaktif. Dari ketiga media tersebut memiliki kekurangan yaitu membutuhkan penggunaan tempat yang cukup luas dan aplikasi interaktif yang ada di museum geologi hanya dapat digunakan oleh satu orang pengguna sehingga pengunjung harus antri untuk mencoba aplikasi interaktif tersebut. Salah satu solusi untuk mengurangi masalah tersebut yaitu menerapkan teknologi multitouch yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol aplikasi grafis dengan beberapa sentuhan. Metode pembuatan multitouch menggunakan teknik Rear Diffused Illumination (Rear-DI), dimana metode ini memanfaat sinar inframerah yang diletakan dibawah dan diarahkan ke layar sentuhan. Pantulan inframerah dari sentuhan atau marker pada layar sentuhan akan dibaca oleh kamera yang telah dilengkapi oleh filter inframerah, lalu dilakukan proses image processing menggunakan perangkat lunak tambahan Reactivision yang menghasilkan data titik kordinat (X,Y), sudut (Angel) dan ID. Data dikirimkan ke aplikasi menggunakan komunikasi protokol TUIO (Tangible User Interface Protocol), namun TUIO menggunakan UDP yang memiliki kelemahan banyak data yang hilang sehingga perlu dikonversikan ke TCP menggunakan FLOSC (Flash OSC) lalu dikirimkan ke aplikasi. Aplikasi ditampilkan ke layar sentuhan menggunakan proyektor sebagai output. Berdasarkan hasil dari pengujian secara fungsionalitas aplikasi ini sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil dari uji peforma, aplikasi ini mampu membaca 6 marker dan mendeteksi 20 sentuhan secara bersamaan. Untuk pengembangan kedepannya sebaiknya menggunakan kamera dengan kecepatan lebih dari 30fps dan menggunakan lensa Angle of View yang lebar tetapi bukan lensa yang berjenis fish eye.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: museum, geologi, artefak, multitouch, media, interaktif, Rear Diffused
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item