Penerapan Knowledge Management System Pada Divisi Product Support PT. Untited Tractors, Tbk Perwakilan Bandung

Nurzaman, Rivan (2016) Penerapan Knowledge Management System Pada Divisi Product Support PT. Untited Tractors, Tbk Perwakilan Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT United Tractors,Tbk perwakilan Bandung merupakan distributor peralatan berat terbesar di Indonesia. Selain penjualan unit alat berat, PT. United Tractors fokus terhadap penjualan Parts Genuine dan penyediaan mekanik yang terdidik dan terlatih.Perusahaan mempunyai divisi khusus yang bertugas menangani service alat berat dan suku cadang (Spareparts) yaitu divisi Product Support . Permasalahan yang kerap dihadapi karyawan pada divisi product support adalah perpindahan pekerjaan pada saat terjadi rotasi karyawan.Perpindahan pekerjaan seharusnya dilakukan dengan cepat dan karyawan yang sudah dimutasikan harus sudah sepenuhnya mengerjakan tugas baru,tetapi hingga saat ini seringkali adanya tumpang tindih pekerjaan karena karyawan baru masih mengerjakan pekerjaan di cabang lamanya, hal ini terjadi karena karyawan lama tidak menyimpan history dokumen pekerjaan nya di perusahaan sehingga berakibat karyawan baru harus mempelajari dan memahami dokumen pekerjaan dari awal.Pengelolaan modul-modul knowledge ini tidak disimpan dengan baik serta masih dimiliki oleh masing-masing karyawan dan belum menjadi milik perusahaan, sehingga pada saat karyawan membutuhkan modul knowledge tertentu, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencari dan mendapatkan dokumen knowledge tersebut dari karyawan lain. Karyawan juga kesulitan dalam mengetahui pengetahuan dari pengalaman karyawan lain , dikarenakan media yang kurang memadai untuk memfasilitasi karyawan dalam hal bertukar pengalaman. Knowledge Management System PT. United Tractors,tbk perwakilan Bandung merupakan solusi yang tepat untuk menjawab masalah tersebut. Kelebihan dari sistem informasi ini adalah website yang dapat diakses secara online dapat menyampaikan informasi pengetahuan secara langsung kepada karyawan Pt.United Tractors,Tbk perwakilan Bandung. Berdasarkan hasil pengujian sistem, Knowledge Management System PT. United Tractors,tbk perwakilan Bandung ini telah mampu membantu karyawan divisi product support dalam mendapatkan pengetahuan pada saat terjadi pepindahan pekerjaan,melakukan pengelolaan pengetahuan yaitu membuat,memperbaharui serta membagikan dokumen pelatihan, modul knowledge dan mengetahui pengalaman karyawan lain sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management System, knowledge, divisi product support, modul knowledge, dokumen knowledge.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item