Komunikasi Antar Pribadi Tunagrahita (Studi Etnografi Komunikasi Kegiatan Belajar Mengajar Tunagrahita Di (SLB)-C Lanud Sulaiman)

Futriana, Devita (2013) Komunikasi Antar Pribadi Tunagrahita (Studi Etnografi Komunikasi Kegiatan Belajar Mengajar Tunagrahita Di (SLB)-C Lanud Sulaiman).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini berjudul Komunikasi AntarPribadi Tunagrahita (Studi Etnografi Kegiatan Belajar Mengajar Komunikasi Tunagrahita di (SLB)-C Lanud Sulaiman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi AntarPribadi Tunagrahita di (SLB-C) Lanud Sulaiman. Untuk menjawab tujuan tersebut, kemudian dianalisis berdasarkan proses etnografi komunikasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode etnografi komunikasi yaitu penelitian kualitatif sering disebut juga sebagai metode penelitian naturalistik, hal ini disebabkan karena penelitiannya dilakukan dengan kondisi yang alamiah. Jumlah informan penelitian terhitung sebanyak 3 orang dan informan kunci 1 orang dimana teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara mendalam, pengamatan berperan serta, studi pustaka, internet searching, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisa data dilakukan dengan cara deskripsi, analisis, interpretasi dan uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah proses komunikasi akan berjalan dengan baik jika dipersiapkan terlebih dahulu dan dikonsepkan secara matang, guru berkomunikasi dan memberikan dan mengarahkan komunikasi secara positif. Sehingga komunikasi yang dilakukan oleh anak tunagrahita berjalan dengan yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian yaitu komunikasi positif akan muncul karena adanya komunikasi dan peristiwa komunikasi yang diciptakan dalam peristiwa belajar anak di dalam kelas. Untuk itu peneliti menyarankan kepada orangtua dan guru untuk terlibat dengan komunikasi yang baik, agar anak tunagrahita bisa berkomunikasi dan menciptakan peritiwa komunikasi yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi AntarPribadi, etnografi komunikasi, dan tunagrahita
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item