Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Roti Merek Okey Di Borma Pasar Swalayan Dakota Bandung

Sulistiowati, Ratna (2003) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Roti Merek Okey Di Borma Pasar Swalayan Dakota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Era globalisasi telah membawa perubahan di berbagai bidang termasuk bisnis eceran di Indonesia. Dengan makin meningkatnya persaingan yang dialami oleh berbagai perusahaan eceran di Indonesia, pada akhirnya perusahaan yang menjalankan strategi yang tepat dan inovatiflah yang akan memiliki keunggulan yang kompetitif. Salah satu keunggulan kompetitif untuk dapat bertahan terus dalam bisnis eceran ini adalah dengan memberikan kepuasan yang optimal bagi pelanggan. Dan mengetahui sejauhmana pengaruh atribut produk terhadap peningkatan kepuasan pelanggan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey. Penelitian ini bersifat deskriptif, dan verifikatif. Deskriptif. pada dasarnya adalah penelitian yang menggambarkan apa yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk selanjutnya diolah menjadi data. Sedangkan penelitian verifikatif pada dasarnya untuk menguji teori dengan pengujian status hipotesis, apakah diterima atau ditolak dengan mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data yang didapat dari lokasi penelitian dengan menggunakan perhitungan statistik.Dalam penelitian ini, variabel yang berskala ordinal perlu ditransformasikan menjadi skala interval menggunakan MSI baru kemudian data dapat diolah dengan metode uji validitas, uji realibilitas, uji t, dan uji F melalui aplikasi SPSS Penelitian ini difokuskan pada kepada para pelanggan yang datang dengan tujuan berbelanja. Sampel penelitian diambil di Borma Dakota pasar swalayan Bandung, yaitu 52 orang responden dari 60 populasi. Berdasarkan hasil penelitian di borma Dakota pasar swalayan Bandung, penulis menarik kesimpulan bahwa uji statistik regresinya Y = 17.841 + 0.182 X1 + 0.167 X2 + 0.506 X3 + 0.197 X4 + 0.383 X5 + 0.274 X6 + 0.378 X7. koefisien korelasi pearson atribut produk secara parsial didapat Merek Produk 0.810, Mutu Produk 0.888, Ciri Produk 0.215, Desain Produk 1.239, Label Produk 1.351, Kemasan Produk 1.555, Layanan Pendukung Produk 1.244 terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat sinifikan 0.05 menunjukan adanya korelasi positif yang signifikan. Sedangkanpengaruh atribut produk terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan analisis pengujian korelasi (Imultiple regression) secara simultan 0.460 dan sisanya 0.215 dipengaruhi oleh faktor lain. Koefisiensi determinasinya R (besar) menunjukan gabungan korelasi sebesar 0.4620 Square 0.2140 dan sisanya sebesar 0.7860 atau 78.60dipengaruhi oleh factor lain.melalui nilai koefisien korelasi X1,X2,X3,X4,X5X6X7 sebesar 0.4620 hal ini menunjukan nilai pengaruh simultan ini dikatagorikan kedalam hubungan yang erat atau dapat pula diartiakan bahwa pengaruh atribut produk secara bersama-sama (simultan) mempunyai hubungan yang sedang dengan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2003
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item