Daya Tarik Penyanyi Dangdut Dalam Saweran Pada Hiburan Dangdut (Studi Deskriptif Tentang Daya Tarik Penyanyi Dangdut Dalam Saweran Pada Hiburan Dangdut Di Kota Bandung)

Kartiwa, Tatang (2013) Daya Tarik Penyanyi Dangdut Dalam Saweran Pada Hiburan Dangdut (Studi Deskriptif Tentang Daya Tarik Penyanyi Dangdut Dalam Saweran Pada Hiburan Dangdut Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Daya Tarik Penyanyi Dangdut Dalam Saweran Pada Hiburan Dangdut di Kota Bandung. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : Daya tarik fisik, kesamaan dan keakraban. Sub fokus tersebut untuk mengukur fokus penelitian, yaitu : Daya tarik penyanyi dangdut dalam saweran pada hiburan dangdut. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Subjek penelitiannya adalah penonton atau penyawer. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 5 (lima) orang dari penonton atau penyawer, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 2 (dua) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online (internet searching). Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan pengecekan anggota. Adapun teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Daya tarik fisik seorang penyanyi dangdut didasari atas faktor cantik, tampan, memiliki suara bagus, komunikatif dan berpenampilan semenarik mungkin serta sopan, 2. Kesamaan antara penyanyi dan penonton akan kegemarannya pada musik dangdut, bernyanyi, dan bergoyang menjadi ketertarikan satu sama lainnya, 3. Keakraban yang terjalin diantara penyanyi dan penonton dikarenakan faktor pendekatan penyanyi pada penonton, semakin dekat penyanyi dengan penonton, maka akan mendapat respon positif dan akan semakin akrab diantara keduanya. Kesimpulan daya tarik penyanyi dangdut dalam saweran menunjukkan bahwa seorang penonton rela memberikan uang saweran dikarenakan kemampuan dari seorang penyanyi yang memiliki daya tarik didalamnya sebagai komunikator yang mampu membuat simpati terhadapnya. Saran untuk penyanyi dangdut agar selalu mengutamakan suara karena sebagai seorang penyanyi itu merupakan faktor utama disamping faktor fisik, untuk masyarakat agar lebih menghormati sosok penyanyi saat pentas juga para penonton yang ada dalam lingkungan hiburan tersebut berlangsung, untuk peneliti selanjutnya lebih spesifik misalnya mengkaji sikap atau perilaku seorang penyanyi dangdut, komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh penyanyi dangdut dan lain sebagainya serta meneliti follow up dari para penggagas-penggagas musik dangdut dan kaya akan referensi sebagai literatur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Fisik, Kesamaan, Keakraban
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item