Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Produk Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management Di KPS Gunung Gede Sukabumi

Saputra, Sumedi (2016) Pembangunan Sistem Informasi Distribusi Produk Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management Di KPS Gunung Gede Sukabumi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

KPS Gunung Gede Sukabumi adalah koperasi yang memproduksi produk olahan susu. KPS Gunung Gede memiliki agen pemasaran yang tersebar di berbagai kota. KPS Gunung Gede melakukan pengadaan bahan baku kepada supplier untuk memenuhi kebutuhan produk yang dipesan oleh agen. Menentuan jumlah bahan baku, sering kali mangalami kesulitan dikarenakan ketidakpastian pemesanan yang dilakukan agen. Waktu yang diperlukan dalam pengadaan bahan baku ke supplier sampai bahan baku diterima memerlukan waktu tunggu sekitar satu minggu, akibatnya tidak dapat memenuhi pemesanan produk. Berdasarkan permasalahan yang ada pada saat ini maka dibutuhkan suatu pembangunan sistem informasi distribusi produk dengan pendekatan metode Supply Chain Management di KPS Gunung Gede Sukabumi. Tujuannya adalah mempermudah dalam menentukan jumlah bahan baku yang dipesan ke supplier untuk memenuhi kebutuhan produk yang dipesan oleh agen dan mempermudah dalam menjadwalkan pendistribusian produk ke setiap agen. Metode peramalan yang digunakan adalah single exponential smoothing. Perhitungan dalam menentukan jumlah persediaan produk menggunakan safety stock. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi yang dibangun ini mempermudah manager pengolahan susu KPS Gunung Gede Sukabumi dalam menentukan jumlah bahan baku yang dipesan, mengendalikan data produk dan bahan baku, mendapat informasi pengiriman produk dan melakukan persetujuan pemesanan produk dan pengadaan bahan baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Single Exponential Smoothing, Safety Stock.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item