Implementasi Teknologi LBS (Location Based Service) Dalam Membangun Aplikasi Pencarian Rute Terdekat Menggunakan Algoritma DIJKSTRA

Suryansyah, Ade (2016) Implementasi Teknologi LBS (Location Based Service) Dalam Membangun Aplikasi Pencarian Rute Terdekat Menggunakan Algoritma DIJKSTRA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pencarian rute terpendek merupakan suatu masalah yang paling banyak dibahas dan dipelajari sejak akhir tahun 1950. Dalam kehidupan sehari-hari, pencarian jalur terpendek digunakan oleh pengendara kendaraan pribadi, pejalan kaki, pengguna angkutan umum dan perutean pada jaringan komputer. Untuk mencapai suatu tempat dengan waktu yang lebih cepat, pengguna akan mencari lintasan terpendek dari tempat asal ke tempat tujuan. Salah satu kendala dalam pencarian rute terdekat adalah perkiraan kondisi jalan yang macet atau tidak, dimana kondisi jalan macet atau tidak akan menjadi tolak ukur untuk mendapatkan waktu yang paling cepat agar sampai ke tempat tujuan. Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah membangun suatu sistem yang dapat memberikan solusi bagi pengguna untuk memberikan informasi rute terdekat dalam transportasi, baik transportasi umum ataupun pribadi berdasarkan data yang ada seperti, rute jalan dan data kemacetan. Sistem pencarian rute terdekat menggunakan algoritma Dijkstra menjadi pilihan dalam penelitian ini untuk memberikan solusi, berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dalam penelitian sebelumnya dinyatakan bahwa, untuk kasus yang jumlah node-nya kurang dari 1000, algoritma dijkstra mampu menghasilkan waktu eksekusi yang lebih cepat, yaitu kurang dari 1 detik. Setelah dilakukan pengujian dengan metode black box dan pengujian akurasi dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan dapat memberikan informasi rute terdekat serta memberikan informasi kondisi jalan berupa kondisi macet, macet parah dan lancar. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan aplikasi ini dapat lebih optimal dalam memberikan informasi kemacetan dan rute terdekat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pencarian rute terdekat, Dijkstra, Kemacetan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item