PENERAPAN MAKNA SHALAT SEJAK DINI GUNA MENINGKATKAN KECERDASAN MELALUI MEDIA BUKU

Septyanti, Deti (2004) PENERAPAN MAKNA SHALAT SEJAK DINI GUNA MENINGKATKAN KECERDASAN MELALUI MEDIA BUKU. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kecerdasan manusia secara utuh yang dicerminkan dengan adanya kesuksesan disetiap individu manusia, maka harus diadakan kerja sama antara nilai EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) disamping IQ (Intelectual Quotient). IQ memungkinkan seseorang untuk mampu menyelesaikan masalah secara rasional, EQ atau kecerdasan emosi memungkinkan seseorang untuk lebih memiliki kesadaran akan perasaan milik sendiri dengan perasaan milik orang lain, sedangkan SQ atau kecerdasan spiritual lebih memungkinkan seseorang untuk mampu bergulat dengan ihwal baik dan jahat. Penanaman nilai IQ ini di dunia pendidikan Indonesia telah lama menjadi prioritas untuk ditingkatkan, sedangkan EQ dan SQ kurang mendapat perhatian selama ini. Melihat pentingnya kerja sama diantara 3 Q tersebut yakni IQ, EQ dan SQ guna meningkatkan kecerdasan manusia seutuhnya, maka ada baiknya menyeimbangi usaha dalam meningkatkan 3 Q tersebut, karena IQ rendah memungkinkan seseorang tidak dapat mengatasi masalah rasional, EQ rendah memungkinkan seseorang merasa asing dalam situasinya sendiri, dan SQ rendah memungkinkan seseorang menyusutkan keberadaannya sendiri yang berpengaruh terhadap pembentukkan pribadi yang pintar, kreatif, dan berbudi luhur. Pendidikan agama Islam mengenai pemahaman makna shalat dalam hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ESQ tersebut, yang sebaiknya diterapkan sejak dini yakni antara usia 6 – 8 tahun dimana otak dan intelegensi anak berkembang sangat pesat, dengan menggunakan alat bantu atau media belajar yang sesuai dengan konteksnya, akan mampu dengan cepat merangsang otak dan memudahkan seorang anak untuk memahami isinya, juga dapat menimbulkan ketertarikan anak untuk mempelajarinya. Dalam hal ini penulis menggunakan alat bantu atau media belajar berupa buku, yang selama ini buku menjadi sarana ilmu dan saluran informasi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item