pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Di PT. INDOTO MULIA

Surya Manggala, Dony (2016) pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Di PT. INDOTO MULIA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Indoto Tirta Mulia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan sendal maupun sepatu wanita di Jawa Barat. Sebagai aset perusahaan, pelanggan merupakan salah satu aset yang berharga bagi setiap perusahaan sehingga kualitas layanan maupun produk dari perusahaan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk mempertahankan pelanggan dari perusahaan. Dilihat dari kondisi saat ini, adapun kendala dari PT. Indoto Tirta Mulia adalah kurangnya manajemen pelanggan dan pemasaran dalam perusahaan untuk mengurangi terjadinya perpindahan pelanggan ke perusahaan kompetitor yang bergerak dibidang industri sendal maupun sepatu wanita. Penelitian ini memberikan solusi dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM) untuk menunjang kegiatan bisnis PT. Indoto Tirta Mulia dengan menggunakan Analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM) yang dapat melakukan perhitungan segmentasi pelanggan berdasarkan transaksi pelanggan.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sebuah Sistem Informasi CRM yang berguna untuk membantu Direktur dalam mengevaluasi proses bisnis perusahaan, Wakil Direktur dalam mengolah data pelanggan yang mengambil hasil dari analisis RFM dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi. Dengan diterapkan sistem ini diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas dari setiap pelanggan PT. Indoto Tirta Mulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PT. Indoto Tirta Mulia, Sistem Informasi, Customer Relationship Management (CRM), Analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item