PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PREMI ASURANSI PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA (Penelitian pada PT Asuransi Jasa Indonesia Kantor Ca

Pramanik, Dini (2004) PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PREMI ASURANSI PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA (Penelitian pada PT Asuransi Jasa Indonesia Kantor Ca.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk menghasilkan pendapatan dari produk yang dihasilkan setiap perusahaan membutuhkan suatu upaya berupa kegiatan pemasaran untuk menjual produknya sehingga diperoleh pendapatan tersebut. Dalam usaha asuransi hasil penjualan produk asuransi yang berupa perjanjian pertanggungan disebut dengan pendapatan premi asuransi, kegiatan pemasaran dalam perusahaan asuransi merupakan usaha agar polis asuransi yang merupakan media dari produk asuransi dapat terjual hingga perusahaan memperoleh pendapatan premi asuransi. Berdasarkan uraian di atas penulis mengambil hipotesis penelitian “biaya pemasaran berpengaruh terhadap tingkat pendapatan premi asuransi”, dengan melakukan penelitian pada PT Asuransi Jasa Insonesia Kantor Cabang Korporasi Bandung, dan mengajukan skripsi ini dengan judul “Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Premi Asuransi PT Asuransi Jasa Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya pemasaran yang terjadi pada PT Asuransi Jasa Indonesia dan tingkat pendapatan premi asuransi yang diperolehnya serta untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya pemasaran terhadap tingkat pendapatan premi asuransi pada PT Asuransi Jasa Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel data biaya pemasaran dan pendapatan premi asuransi tahunan pada PT Asuransi Jasindo yaitu untuk periode 1999-2003. Dalam metode penelitian ini desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan studi korelasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan penelitian lapangan yaitu dengan wawancara dan observasi, serta dengan penelitian kepustakaan.Untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan penulis menggunakan analisis korelasi pearson untuk mengetahui hubungannya dan pengujiannya menggunakan uji dua pihak.yang menggunakan thitung dan ttabel, serta untuk mengetahui besar pengaruhnya dapat ditentukan dengan mencari koefisien determinasi. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh biaya pemasaran dan tingkat pendapatan premi asuransi pada PT Asuransi Jasa Indonesia periode 1999-2003 yang cenderung berubah positif. Dari analisis statistik diperoleh sebesar koefisien korelasi sebesar 0.646, dengan kriteria hubungan moderat atau sedang dan diperoleh thitung sebesar 1.47 dan ttabel dengan tingkat signifikansi 0.05 sebesar 3.182 atau -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, maka hipotesis yang ditetapkan penulis ditolak atau dengan kata lain biaya pemasaran tidak berpengaruh terhadap tingkat pendapatan premi asuransi. Selanjutnya diperoleh pengaruh biaya pemasaran terhadap tingkat pendapatan premi asuransi pada PT Asuransi Jasindo sebesar 41.7% yang dan sisanya yang sebesar 58.3% dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu faktor insidentil dan faktor eksidentil dan persaingan antar perusahaan asuransi. Dari hasil tersebut penulis dapat memberikan saran agar perusahaan lebih mengoptimalkan lagi usaha pemasarannya agar dapat menghasilkan pendapatan premi yang maksimal.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item