ANALISIS PERANAN KUALITAS PRODUK SANDAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN HOME INDUSTRI KRISTIN

Suhendra, Indra (2004) ANALISIS PERANAN KUALITAS PRODUK SANDAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN HOME INDUSTRI KRISTIN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Suatu produk yang terdiri dari barang dan jasa memiliki kualitas tersendiri, dimana kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses maupun lingkungan yang dapat memenuhi atau melebihi harapan, sedangkan kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Home Industri Kristin merupakan produsen yang memproduksi sandal yang memperhatikan kualitas dari produk yang dihasilkan agar dapat memenuhi kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian akademik yang dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (Variabel X) terhadap kepuasan konsumen (Variabel Y). Penelitian menggunakan metoda survey terhadap sampel, sampel ditetapkan sebanyak 32 responden dari populasi 35 konsumen berdasarkan rata-rata jumlah pembelian atau pemesanan dalam satu bulan. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel random sampling. Data penelitian diambil melalui kuisioner dan wawancara secara langsung dengan pihak konsumen maupun dengan pihak perusahaan. Perhitungan validitas menggunakan korelasi product moment, dimana alat ukur dinyatakan valid. Sedangkan perhitungan reliabilitas menggunakan alpha cronbach, dimana alat ukur dinyatakan reliabel. Korelasi rank spearman bernilai ρ = 0,854, sehingga termasuk golongan korelasi tinggi. Perbandingan nilai t hitung dan t tabel yaitu 6,414 > 2,042. Nilai kuadrat korelasi rank spearman sebesar 72,932%. Berdasarkan kuisioner, persepi konsumen menyatakan kualitas produk dikategorikan biasa dengan nilai rata-rata 3,78 dan harapan konsumen menginginkan kualitas produk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4,09. Kualitas produk yang terpenuhi rata-rata 92,37% dan yang tidak terpenuhi rata-rata 7,63%. Sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen Home Industri Kristin.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item