Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Menggunakan Metode Weighted Product

Humolungo, Firmansyah (2017) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Menggunakan Metode Weighted Product.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing dan mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah (UU RI NO. 14 , 2005). Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat. Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global. Pemilihan Guru Berprestasi merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada guru atas prestasi dan dedikasi yang luar biasa di dunia pendidikan. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2011 hingga sekarang dirasakan sangat bermanfaat, karena selain menghargai prestasi luar biasa pendidik juga untuk meningkatkan profesionalisme tugasnya mewujudkan pendidikan yang bermutu. Pemilihan guru berprestasi ini dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel sehingga guru yang terpilih benar-benar merupakan sosok guru yang profesional. Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo memiliki 2519 orang Guru (tenaga pengajar) yang tersebar di sekolah-sekolah baik dari jenjang SD/MI sejumlah 1305 orang , SMP sejumlah 576 orang, SMA sejumlah 280 orang dan SMK sejumlah 358 orang guru. Disetiap tahunnya diadakan pemilihan guru berprestasi masing-masing jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK sejumlah 1 orang untuk mewakili Kabupaten Gorontalo di tingkat Provinsi. Inilah yang mendasari dibuatkan sistem pendukung keputusan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo dalam menentukan Guru dan kepala sekolah yang benar-benar layak menjadi Guru dan kepala sekolah berprestasi di Kabupaten Gorontalo. Permasalahan yang dihadapi adalah dari guru peserta perwakilan setiap sekolah yang ada di Kabupaten Gorontalo hanya 1 orang yang akan dipilih yang benar-benar layak menjadi guru berprestasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengambilan Keputusan Metode Weighted Product
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51624

Actions (login required)

View Item View Item