Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kerja Terhadap Beban Kerja Dan Performansi Kinerja Operator Lantai Produksi Di PT. Serena Harsa Utama

Hidayatulloh, Mukhlis (2017) Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kerja Terhadap Beban Kerja Dan Performansi Kinerja Operator Lantai Produksi Di PT. Serena Harsa Utama.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Serena Harsa Utama merupakan suatu badan usaha yang bergerak dalam industri pangan khususnya memproduksi baso dengan beberapa varian rasa. Pada proses produksinya PT. Serena Harsa Utama selalu berusaha untuk menjaga kualitas produk dan meningkatkan produktivitas kerja agar selalu dapat memenuhi permintaan pasar. Lantai produksi PT. Serena Harsa Utama memiliki beberapa divisi kerja dengan kondisi lingkungan fisik kerja yang berbeda-beda, sehingga dapat mempengaruhi beban kerja dan performansi kinerja dari operator PT. Serena Harsa Utama. Lingkungan fisik kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan. Seperti: suhu, kelembaban udara, kebisingan, pencahayaan, bau-bauan dan lain-lain. Kemudian beban kerja dapat didefinisikan sebagai suatu perbedaan antara kapasitas atau kemampuan pekerja dengan tuntutan pekerjaan yang harus dihadapi. Sedangkan performansi merupakan perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh pekerja dengan standar yang telah ditentukan. Ketiga defisini tersebut merupakan variabel yang akan digunakan pada kuesioner. Dalam penelitian tugas akhir ini, tersirat mengenai layout lantai produksi PT. Serena Harsa Utama, kondisi dari lantai produksi yang ada dan proses pengolahan hasil pengisian kuesioner yang telah di isi oleh responden. Responden yang diteliti sebanyak 66 orang operator yang terdiri dari 8 divisi kerja pada lantai produksi PT. Serena Harsa Utama. Metode yang digunakan pada proses pengolahan data kuesioner adalah Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui pengaruh dan nilai korelasi dari lingkungan fisik kerja sebagai variabel bebas (indipendent) terhadap beban kerja dan performansi sebagai variabel tak bebas (dependent). Hasil pengolahan menggunakan metode regresi linear sederhana, menunjukkan lingkungan fisik kerja mempengaruhi variabel beban kerja yang dirasakan operator dengan nilai r hitung kuat positif bernilai 0,967, dengan nilai determinasi sebesar 93,53%. Sedangkan pengaruh lingkungan fisik kerja terhadap performansi kerja operator dengan nilai r hitung kuat positif bernilai 0,980, dengan nilai determinasi sebesar 96,96%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Lingkungan Fisik Kerja, Regresi Linear Sederhana.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51639

Actions (login required)

View Item View Item