Strategi Marketing Communication PT. Indosat Ooredo Bandung

Ayu Silvia, Gina (2017) Strategi Marketing Communication PT. Indosat Ooredo Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Communication PT.Indosat Ooredoo Bandung Melalui ��Reborn Indosat Ooredoo�� Dalam Membangun Brand Awareness. Untuk menjawab strategi tersebut, peneliti menggunakan empat subfokus yaitu rencana kegiatan, penentuan media, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh informan berjumlah 5 (lima) orang, diantaranya Marketing Communication Area Jabar, Dept.Sales Assurance Area Jabar, Marketing Communication Wilayah Bandung, dan publik eksternal yang hadir di launching Indosat Ooredoo serta pengunjung open booth. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi pustaka dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Marketing Communication PT.Indosat Ooredoo Bandung pada tahapan rencana kegiatan, dilalui tiga proses yakni menentukan tema dan konsep, merancang persiapan dan kegiatan yang saling berhubungan, serta membuat kartu undangan unik berupa barcode. Media yang digunakan, diantaranya media elektronik, media cetak, media outdoor dan media online. Pada tahap aksi dan komunikasi, dilalui dengan pelaksanaan kegiatannya yakni launching, press conference dan open booth. Pesan yang disampaikan dari ketiga kegiatan itu adalah mengenai perubahan Indosat, nama dan logo baru, serta produk Indosat Ooredoo. Pihak yang menjadi penerima pesan terdiri dari internal yakni karyawan Indosat Ooredoo, sedangkan untuk eksternal yakni pejabat pemerintahan, pic pic Indosat Ooredoo, mitra Indosat Ooredoo, media lokal dan nasional, dan komunitas. Hambatan yang terjadi adalah miscommunication dengan EO (Event Organizer). Evaluasi pada proses yakni kesiapan kurang matang dan koordinasi kurang baik dengan EO (Event Organizer). Evaluasi dari hasil yang didapat berupa pelanggan bertambah, target tercapai serta keuntungan profit dan advokasi. Terdapat kekurangan pada pemilihan lokasi dan waktu. Peluang masa depan diyakini bahwa Indosat Ooredoo dapat menjadi provider yang lebih massive, provider yang lebih youthful dan dapat menguasai pasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Strategi Marketing Communication PT.Indosat Ooredoo Bandung sudah mencapai tujuan dan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan, walaupun masih ada kekurangan pada koordinasi dengan berbagai pihak dan penggunaan media outdoor dan online yang belum digunakan secara optimal. Peneliti menyarankan sebaiknya Marketing Communication PT.Indosat Ooredoo Bandung dapat mengoptimalkan dan memberikan latihan kepada SPG dalam mempersuasi konsumen, mengoptimalkan simbol-simbol non verbal yang ada pada booth, dan mengoptimalkan media online yang tersedia. Hal tersebut untuk saat ini dapat menguntungkan, karena banyak orang yang menggunakan media online untuk mencari berbagai informasi dan alangkah baiknya jika media outdoor yang digunakan sebagai alat penyampai pesan, dipajang di tempat-tempat yang berbeda, strategis dan dapat terlihat oleh orang yang lalu lalang. Tidak hanya disimpan/dipajang pada satu titik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing Communication, Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51655

Actions (login required)

View Item View Item