Kredibilitas Petugas Layanan Informasi Rumah Tahanan Klas 1 Kebon Waru Kota Bandung

Nurfajriani, Rahmi (2017) Kredibilitas Petugas Layanan Informasi Rumah Tahanan Klas 1 Kebon Waru Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan kredibilitas petugas Layanan Informasi Rumah Tahanan Klas 1 Kebon Waru Bandung melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dalam memenuhi kebutuhan informasi pengunjungannya . Adapun sub fokus yang digunakan adalah Kredibilitas petugas dilihat dari dua komponen penting yaitu keahlian dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, serta studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan diskusi teman sejawat. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keahlian merupakan kesan yang dibentuk oleh seseorang mengenai kemampuan orang lain dalam mengkomunikasikan ataupun mengoperasikan sesuatu yang berhubungan dengan topik yang sedang dibicarakan dua unsur yang muncul disini adalah unsur cerdas yaitu kemampuan dalam mengoperasikan sebuah sistem dan unsur mampu yaitu kepandaian dalam bekomunikasi. Komponen selanjutnya ada kepercayaan terjadi ketika seseorang yakin dengan reliabilitas dan integritas dari orang yang dipercaya, kepercayaan merupakan kesan seseorang terhadap seorang komunikator berdasarkan sikapnya, unsur kepercayaan ada tiga yaitu unsur jujur yaitu kebenaran akan sebuah informasi yang disampaikan, unsur adil memenuhi hak-hak pengunjung dan unsur sopan attitude petugas dalam melayani. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kredibilitas petugas terbentuk ketika komunikasi diantara petugas dan pengunjung (derived credibility), dimana saat terpenuhinya kebutuhan pengunjung maka pengunjung akan menganggap bahwa petugas memilki kredibilitas sebagai petugas layanan informasi. Saran dari penelitian ini, diharapkan membuat pelatihan khusus untuk petugas layanan informasi mengenai komunikasi pelayanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Layanan Informasi, kebutuhan informasi, Rumah Tahanan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51657

Actions (login required)

View Item View Item