Peranan Humas PT GRand Textile Industry Bandung Dalam Membentuk Citra Perusahaan

Tri Retno Kusuma Wardani, Ismyuli (2017) Peranan Humas PT GRand Textile Industry Bandung Dalam Membentuk Citra Perusahaan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peranan Humas PT Grand Textile Industry Bandung dalam membentuk citra perusahaan melalui Program Corporate Social Responsibility ��Distribusi Air Bersih�� di Kelurahan Karang Pamulang Bandung. Adapun sub fokus yang digunakan adalah Peranan Humas sebagai Penasihat Ahli, Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecahan Masalah, dan Teknisi Komunikasi. Pendekatan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, serta studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Humas PT Grand Textile Industry Bandung sebagai, 1) Penasihat ahli dalam membentuk citra perusahaan melalui Program CSR ��Distribusi Air Bersih�� di Kelurahan Karang Pamulang Bandung dengan memperhatikan faktor penting yaitu aturan Perda No 8 Tahun 2002, perbaikan dan pemeliharaan saluran air, serta sikap ke masyarakat. Sehingga Humas dipercaya oleh pihak manajemen yakni Divisi Personalia untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Humas sebagai 2) Fasilitator komunikasi yaitu mendengarkan aspirasi masyarakat pada saat pengontrolan di lapangan maupun masyarakat yang melaporkan ke perusahaan. Selanjutnya aspirasi disampaikan kepada pihak manajemen melalui berita acara tertulis atau tatap muka. Kebijakan hasil rapat pimpinan, disampaikan kembali kepada masyarakat sehingga terjalin komunikasi timbal balik. Humas sebagai 3) Fasilitator proses pemecahan masalah menjadikan Humas bagian yang bertanggung jawab atas program ini, bersama dengan Divisi Personalia dan Departemen Utility. Humas berhak memberikan saran kepada pihak manajemen sebagai bentuk keterlibatannya pada rapat pimpinan. Humas sebagai 4) Teknisi komunikasi yaitu menyampaikan informasi bersifat teknis yang diterima dari Departemen Utility kepada masyarakat serta memahami tujuan pelaksanaan program CSR untuk membentuk citra perusahaan di Kelurahan Karang Pamulang Bandung. Kesimpulan penelitian adalah Peranan Humas PT Grand Textile Industry Bandung dalam membentuk citra perusahaan melalui Program CSR ��Distribusi Air Bersih�� di Kelurahan Karang Pamulang Bandung meliputi penasihat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, dan teknisi komunikasi. Program ini dapat membentuk citra yang diharapkan oleh PT Grand Textile Industry di Kelurahan Karang Pamulang Bandung. Saran penelitian adalah agar Humas membuat news release dari pelaksanaan program CSR, serta menyimpan segala bentuk dokumentasi baik berupa foto, video, atau dokumen tertulis, dan memuat kegiatan yang dilakukan oleh Humas di website perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peranan Humas, Citra, Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51660

Actions (login required)

View Item View Item