Strategi Komunikasi Bidang Fresh Water Development World Wide Fund For Nature

Aprilia Muaya, Lidya (2017) Strategi Komunikasi Bidang Fresh Water Development World Wide Fund For Nature.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Bidang Fresh Water Development World Wide Fund For Nature Melalui Water Lab Di Bumi Panda Bandung Dalam Memberi Pengetahuan Tentang Kualitas Air Bersih Pada Masyarakat berdasarkan komponen penyusun strategi komunikasi yaitu sasaran komunikasi, media, pesan, peranan komunikator. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka (referensi buku, penelitian terdahulu, internet searching) dan studi lapangan (observasi, wawancara mendalam, dokumentasi). Uji keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi, dan membercheck. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, Sasaran Komunikasi terbuka untuk masyarakat secara umum. Media yang digunakan adalah media audio-visual film ��Sungai Untuk Semua�� dan media visual infografis berupa informasi tertulis dan gambar di dinding Water Lab, brosur pengetahuan kualitas air bersih dan lembar aktivitas laboratorium air. Pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif untuk menjaga kualitas air dan menghemat cadangan air. Peranan Komunikator sebagai fasilitator komunikasi yang memiliki kredibilitas dan daya tarik. Kesimpulan penelitian, Bidang Fresh Water Development World Wide Fund For Nature menggunakan media yang menarik, pesan yang sederhana dan disampaikan oleh komunikator yang memiliki kredibilitas dan daya tarik. Saran Peneliti, Bidang Fresh Water Development World Wide Fund For Nature melakukan koordinasi dengan pengunjung khususnya yang berjumlah banyak untuk memastikan semua informasi tersampaikan sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang ditetapkan World Wide Fund For Nature.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sasaran Komunikasi, Media, Pesan, Peranan Komunikator, World Wide Fund For Nature, WWF, Water Lab
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51665

Actions (login required)

View Item View Item