Diskursus Pancasila Dalam Iklan Di Radio El-Shinta

Dwi Putra, Hilman (2017) Diskursus Pancasila Dalam Iklan Di Radio El-Shinta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi analisis wacana kritis Michel Foucault. Objek yang dianalisis adalah Pancasila Dalam Iklan Di Radio El-Shinta, Subjek yang dianalisis merupakan Pancasila yang terdapat di Iklan Pancasila di Radio El-Shinta. data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, wawancara mendalam, dokumentasi dan penelusuran data online. Untuk uji keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan, Peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi data, Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukan, diskursus Pancasila dalam iklan di radio El-Shita yang terdapat dua tahapan sesuai dengan analisis wacana kritis menurut Michel Foucault : Produksi wacana meliputi latar belakang praktik wacana Pancasila di Rezim Orde Baru secara masif dan terstruktur. Wacana terpinggirkan menitik beratkan kepada praktik wacana ideologi yang tidak pancasila itu berkembang serta menjadikan objek penelitian Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Pancasila pada saat ini adalah bagian dari manifestasi Rezim Orde Baru atas politik dan hegemoni yang dilancarkan oleh rezim orde baru dan era reformasi dan dengan kejadian-kejadian yang terjadi di Indonesia. Seiring dengan itu peneliti menemukan letak dimana Pancasila mulai luntur hingga muncul sebuah iklan Pancasila di sebuah media radio, isi iklan Pancasila tersebut berangkat dari realitas dan latar belakang yang ada pembuatan iklan serta isi teks dan gagasan lainya dalam iklan Pancasila karya Haryo Ristamaji. Saran : masyarakat diharapkan tidak melupakan dasar-dasar Negara Indonesia dan tetap mengingat sebuah sejarah yang ada menelan mentah-mentah khususnya di era saaat ini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diskursus,Pancasila, Dalam Iklan Di Radio El-Shinta, Analisis Wacana Kritis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51671

Actions (login required)

View Item View Item