Strategi Komunikasi Pelayanan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Yahya, Martin (2017) Strategi Komunikasi Pelayanan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Pelayanan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dalam Upaya Pemenuhan Informasi Publik. Untuk menjawab masalah penelitian diatas, maka ditetapkan Komunikator, Tujuan, pesan, Media dan Efek sebagai sub fokus, untuk menganalisa focus penelitian yaitu strategi komunikasi. Pendekatan Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data adalah wawancara, observasi, studi pustaka dan pencarian internet, dokumentasi. Informan kunci penelitian ini dalah staff Pelayanan Informasi Publik dan Humas Setjen DPR RI terdiri dari 3 orang dengan informan pendukung 2 orang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data ke tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, penarikan kesimpulan.uji keabsahan datanya dengan triangulasi, meningkatkan ketekunan dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian adalah Komunikator, dalam memberikan pelayanan informasi publik Pelayanan Informasi Publik Setjen DPR RI merupakan unit yang bertindak sebagai komunikator tidak hanya dilaksanakan oleh Pelayanan Informasi Publik saja, dapat dilakukan oleh Anggota DPR atau unit kerja lain. Tujuan, Implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Sosialisasi dan edukasi terhadap Undang-Undang dan Kebijakan yang dihasilkan oleh DPR RI.Pesan, Pesan yang disampaikan oleh pelayanan informasi publik pada proses pelayanan informasi publik dengan menggunakan pesan yang bersifat informasi (Konseptual) dan persuasi. Gaya pesan Formal dan non formal,Isi Media yang digunakan adalah media online yaitu email dan website,isi informasi yang disampaikan melalui media mengenai seluruh informasi yang berkaitan dengan informasi publik.Efek, Terpenuhinya Informasi Publik mengenai DPR RI di masyarakat, Masyarakat dapat tersosialisasi dan teredukasi mengenai Produk Undang-Undang dan Kebijakan yang dihasilkan oleh DPR RI, Efek yang diterima sudah sesuai harapan. Kesimpulan penelitian adalah Strategi Komunikasi yang dilakukan oleh Pelayanan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dalam Upaya Pemenuhan Informasi Publik dilihat telah berjalan dengan baik dari sebagaimana komunikator dengan tujuan memberikan pesan melalui media dan menghasilkan efek. Saran : Sebelum pemohon informasi menerima informasi publik yang dimohonkan, setiap pemohon informasi publik terlebih dahulu pemohon informasi mengisi angket, dimana isi daripada angket tersebut adalah untuk memperlihatkan tingkat keberhasilan layanan pelayanan informasi publik Setjen DPR RI, untuk mengetahui sebaran daerah asal pemohon informasi publik, tingkat kepuasan, bentuk angket dan questioner itu sendiri diisi melalui website Pelayanan Informasi Publik.Agar proses sosialisasi megenai Pelayanan Informasi Publik kepada seluruh masyakarat Indonesia, Unit Pelayanan Informasi Publik dapat melakukan koordinasi dengan bagian Pemberitaan Setjen DPR RI khususnya dengan TV Parlemen agar menayangkan sosialisasi dan edukasi megenai proses mendapatkan informasi publik yang ditayangkan secara berkala setiap satu bulan sekali di sela-sela program TV swasta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi,Komunikator,Tujuan,Pesan,Media,Efek
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51687

Actions (login required)

View Item View Item