Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Komika Stand UP Indo Bandung Dalam Menunjukan Kesan Lucu Melalui Opini Dan Kritik

Yoga Rahman Pradipta, Muhamad (2017) Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Komika Stand UP Indo Bandung Dalam Menunjukan Kesan Lucu Melalui Opini Dan Kritik.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Presentasi Diri Komika Stand up Indo Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Komika Stand up Indo Bandung Dalam Menunjukan Kesan Lucu Melalui Opini dan Kritik). Untuk menjawab masalah tersebut, maka diangkat sub-fokus penelitian berikut ini : panggung depan,panggung tengah, dan panggung belakang. Sub fokus tersebut untuk mendukung fokus penelitian, yaitu : Presentasi Diri Komika Stand up Indo Bandung.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dramaturgi, yang menjadi subjek penelitian ini adalah komika. Informan diambil sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 informan kunci dan 3 informan pendukung dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji validitas data dengan peningkatann ketekunan, diskusi dengan teman sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panggung depan yaitu panggung dimana komika memainkan peran sesuai karakter yang komika pilih. Panggung tengah para komika menyiapkan materi untuk panggung depan melalui opini dan kritik yang akan komika sampaikan, namun berbeda dengan panggung belakang dimana mereka dapat bebas menjadi diri mereka masing-masing tanpa harus terikat dan diatur oleh karakter panggung depan mereka. Kesimpulan penelitian ini adalah Presentasi Diri Komika Stand up Indo Bandung dalam menunjukkan kesan lucu melalui opini dan kritik yaitu Komika diawali dengan keinginan, kemampuan, dan bakat yang dimiliki yang dilatih dan dipersiapkan dipanggung belakang dan tengah sehingga memberi kesan lucu yang disampaikan melalui opini dan kritik di panggung depan. Saran untuk komika agar para komika lebih mengembangkan materi mereka yang sesuai dengan presentasi diri yang komika pilih untuk menunjukan kesan lucu melalui opini dan kritik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, Panggung Depan, Panggung Tengah, Panggung Belakang, Komika, Stand Up Indo Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51691

Actions (login required)

View Item View Item