Strategi Humas PT. Kereta Api Indonesia Daerah Opersional 3 Cirebon Melalui Program Corporate Social Responsibility Dalam Mengantisipasi Aksi Pelemparan Batu

R, and Pradityo, Teguh (2017) Strategi Humas PT. Kereta Api Indonesia Daerah Opersional 3 Cirebon Melalui Program Corporate Social Responsibility Dalam Mengantisipasi Aksi Pelemparan Batu.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Humas PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon melalui program Corporate Social Responsibility dalam mengantisipasi aksi pelemparan batu. Untuk menjabarkan fokus penelitian, maka peneliti membagi masalah mikro yaitu, pengumpulan data, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan, antara lain data collection, data reduction, data display, dan data conclusion drawing (Verification). Peneliti memilih informan penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah Humas PT. KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, informan penelitiannya berjumlah 3 orang yaitu karyawan PT. KAI Daerah Operasi 3 Cirebon dan Informan Pendukung yaitu masyarakat Desa Plered yang menerima program CSR Bina Lingkungan yang berjumlah 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa Pengumpulan Data yang dilakukan yaitu Humas bekerja sama dengan unit Pengamanan Objek Vital untuk mencari data mengenai aksi pelemparan batu. Perencanaan, target sasaran dari program ini yaitu seluruh warga Desa Plered Cirebon, budget dari program ini yaitu maksimal 2% dari laba perusahaan, program CSR Bina Lingkungan dilaksanakan di Masjid Darussalam Plered Cirebon. Pelaksanaan yang dilakukan Humas pada program CSR Bina Lingkungan yaitu dengan memberikan bantuan serta himbauan bahaya melempar batu kepada kereta api di Masjid Darussalam Desa Plered. Evaluasi program yang dilakukan setelah melaksanaan program adalah, dengan melakukan survey kembali ke Desa Plered. Peneliti mengambil kesimpulan, bahwa strategi yang dilakukan PT. KAI Daerah Operasi 3 Cirebon berjalan dengan baik karena setelah dilakukannya program CSR Bina Lingkungan Aksi pelemparan batu di Desa Plered dapat berkurang. Saran peneliti, Kegiatan CSR Bina Lingkungan dalam mengantisipasi aksi pelemparan batu ini harusnya dibarengi dengan Daerah Operasi lainnya bukan hanya Daerah Operasi 3 saja, Daerah Operasi lain juga harus mengikuti agar aksi pelemparan batu di jalur kereta api seluruh Indonesia dapat berkurang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Program Corporate Social Responsibility
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51696

Actions (login required)

View Item View Item