Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Pemberian Hadiah Dan Besiswa

Devi Pratama, Utara (2017) Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Pemberian Hadiah Dan Besiswa.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan peneltian adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui kegiatan Pemberian Hadiah dan Beasiswa dalam memotivasi belajar peserta Olimpiade Sains Nasional Provinsi Jawa Barat. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari tujuan, rencana, kegiatan, dan pesan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, studi pustaka dan internet searching. Peneliti juga melakukan Uji Keabsahan Data dan Teknik Analisa Data. Informan pada penelitian ini adalah Humas Dinas Pendidikan serta Peserta OSN. Penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi belajar, mengapresiasi, dan menghargai apa yang telah dicapai peserta OSN perwakilan Jawa Barat, rencana yang dilakukan mulai dari menentukan konsep kegiatan, mempersiapkan kegiatan serta mempersiapkan waktu dan tempat telah sesuai dengan tujuan, kegiatan ini mengandung unsur motivasi agar peserta nya lebih giat dalam belajar pesan yang disampaikan berupa motivasi,amanat,nasihat berbentuk obrolan yang disampaikan dengan gaya public speaking yang bertujuan untuk memotivasi serta memiliki nilai penting karena dapat memotivasi peserta agar lebih giat dalam belajar. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa strategi Humas berjalan dengan berhasil dan semangat peserta OSN untuk lebih giat belajar tumbuh melalui kegiatan pemberian hadiah dan beasiswa ini. Saran penelitian adalah sebaiknya Humas melakukan evaluasi kegiatan supaya lebih variatif dan menarik sehingga tidak terlalu sederhana dengan cara sebelum kegiatan dimulai dilakukan pelatihan diri dalam bentuk seminar yang konten atau materi yang disampaikan memiliki unsur motivasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Tujuan, Rencana, Kegiatan, dan Pesan, Pemberian Hadiah dan Beasiswa, Memotivasi Belajar
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51705

Actions (login required)

View Item View Item