Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Komunikasi Koporat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung Dalam Mempromosikan

Agustiyan, Dendy (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Komunikasi Koporat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung Dalam Mempromosikan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran PT Pos Indonesia (Persero) Bandung dalam Mempromosikan Galeripos.com melalui Kegiatan GaleriPos In Campus di Kota Bandung. Adapun sub fokus yang digunakan adalah Tujuan Pemasaran, Sasaran Pemasaran, Pesan Pemasaran, Media Pemasaran, Pengembangan Promotional Mix, dan Evaluasi. Metode penelitian adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, dan studi pustaka. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data yaitu peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk menentukan tujuan pemasaran Divisi Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung dalam mempromosikan GaleriPos.com��, dilakukan dengan cara mengidentifikasi konsumen baru melalui sistem database E-Marketplace, sebagai bentuk research untuk menentukan pasar sasaran. Sasaran pemasaran dilihat dari sisi consumen habit dan behavior habit serta mahasiswa yang memiliki peluang besar melakukan kegiatan jual beli online. Pesan pemasaran dikemas dalam bentuk talkshow, booth, dan games yang disisipkan informasi terkait GaleriPos.com. Media pemasaran yang digunakan adalah live report oleh Ardan radio, roll banner, sticker, flyer, pamphlet, dan leaflet. Pengembangan promotional mix dengan melakukan branding terintegrasi dan personal selling oleh karyawan PT Pos Indonesia (Persero). Evaluasi dilakukan melalui kuisoner, keaktifan peserta kegiatan, research pos-event, dan laporan hasil kegiatan. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia dimana tujuan pemasaran dilakukan dengan cara mengidentifikasi konsumen baru melalui database E-Market Place dan research. Sasaran pemasaran adalah mahasiswa, dimana pesan pemasaran disampaikan secara ringan dan interaktif saat kegiatan. Media pemasaran yang digunakan adalah media cetak dan elektronik. Pengembangan promotional mix dilakukan dengan periklanan, personal selling, dan promosi penjualan. Evaluasi dilakukan dengan menyebar kuisioner dan informasi dari perseorangan. Saran dari penelitian agar diperluas sasaran pemasaran, tidak hanya terfokus pada perguruan tinggi di Kota Bandung. Memanfaatkan Brand Ambassador dan menjalin kerja sama dengan media seperti televisi dan platform online, tidak hanya Kompas Group dan Ardan Group.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi, Promotional Mix
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51708

Actions (login required)

View Item View Item