Aktivitas Komunikasi Ritual Kedurenan Puputan Dalam Tradisi Jagongan Bayi

Anggriani, Christine (2017) Aktivitas Komunikasi Ritual Kedurenan Puputan Dalam Tradisi Jagongan Bayi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Komunikasi pada Ritual Kendurenan Puputan dalam Tradisi Jagongan Bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif dalam Ritual Kendurenan Puputan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnografi komunikasi dan penentuan inforrman menggunakan teknik Snowball dengan informan yang berjumlah lima orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dokumentasi dan internet searcing. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, membercek dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teknis analisa data yang digunakan deskripsi, analisis, dan interprestasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa situasi komunikatif pada Ritual Kendurenan Puputan yaitu di tempat Keluarga yang melahirkan. Peristiwa komunikatif dalam Ritual Kendurenan Puputan yaitu perayaan ritual yang dilaksanakan sesudah bayi tali pusarnya lepas , dengan tujuan mendoakan bayi agar diberi keselamatan di dunia dan berkah untuk semuanya. Tindakan komunikatif dalam Ritual Kendurenan Puputan yaitu, pernyataan, permohonan dan perilaku verbal dan nonverbal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi pada Ritual Kendurenan Puputan dalam Tradisi Jagongan Bayi merupakan suatu kebiasaan adat yang dilaksanakan setiap keluarga yang melahirkan bayinya dan tali pusar bayi tersebut putus. Makna dengan Ritual Kendurenan Puputan ini memanjatkan Doa- doa keselamatan untuk bayi. Akhirnya saran peneliti dalam penelitian ini yaitu kepada masyarakat Serunen untuk lebih mengekspos mengenai budaya yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat lain, dan lebih terbuka kepada masyarakat luar yang ingin mengetahui mengenai Ritual Kendurenan Puputan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Ritual Kendurenan Puputan, Tradisi Jagongan Bayi, , Yogyakarta
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51717

Actions (login required)

View Item View Item