Aktivitas Public Relations PT Pos Indonesia (Persero) Memperingati "Hari Peduli Sampah Nasional" Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Mendrofa, Yericho (2017) Aktivitas Public Relations PT Pos Indonesia (Persero) Memperingati "Hari Peduli Sampah Nasional" Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan aktivitas Public Relations PT Pos Indonesia (Persero) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dalam meningkatkan citra perusahaan yang ditinjau dari empat proses kerja Public Relations, yaitu pencarian fakta (fact finding), perencanaan (planning), komunikasi (communication), evaluasi (evaluating). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi pustaka (literatur, skripsi penelitian terdahulu dan internet searching) dan melalui studi lapangan (observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi). Teknik penentuan informan adalah melalui teknik purposive sampling berjumlah lima terdiri tiga informan kunci dan dua informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah penemuan fakta di lapangan, citra perusahaan Pos Indonesia mulai terlupakan di masyarakat akibat persaingan bisnis, pelaksanaan mengambil moment hari peduli sampah nasional disesuaikan dengan program ��Pos Bergerak, 2016��, perencanaan publik yang dituju seluruh stakeholeder Pos Indonesia, anggaran biaya didukung dari perusahaan dan pihak sponsor, komunikasi melakukan sosialisasi kepada karyawan, media yang diundang terdiri dari media cetak dan media online, Public Relations melakukan tugas mengatur media, evaluasi semua berjalan sesuai dengan rencana, media yang diundang semua memberitakan kegiatan Pos Indonesia,. Kesimpulan penelitian ini, aktivitas Public Relations belum berjalan dengan maksimal, karena tugas dan fungsi Public Relations masih dibatasi, terlihat pada saat perencanaan Public Relations tidak berhak untuk memutuskan yang berhak hanya atasan dan Public Relations hanya diberi tugas untuk mengatur media massa. Saran penelitian Public Relations sebaiknya lebih dilibatkan dalam hal pengambilan keputusan agar memudahkan melakukan aktivitas kegiatan dan secara kontinu mengadakan kegiatan yang bersifat sosial dan lebih variatif dan citra dimasyarakat selalu meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Public Relations, Hari Peduli Sampah Nasional, Meningkatkan Citra Perusahaan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51718

Actions (login required)

View Item View Item