Strategi Komunikasi Hubungan Partisipasi Masyarakat (HUPMAS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Dalam Membangun

Destyo Suhastri, Amalia (2017) Strategi Komunikasi Hubungan Partisipasi Masyarakat (HUPMAS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Dalam Membangun.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Hubungan Partisipasi Masyarakat Komisi pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat melalui Media Gathering dalam membangun relasi dengan Pers di Kota Bandung. Untuk menjawab masalah itu, maka ditetapkan sebagai penelitian untuk menganalisa fokus penelitian yaitu Strategi Komunikasi. Pendekatan penelitian Kualitatif, dengan menggunakan metode Deskriptif. Teknikpengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Studi Pustaka, Pencarian Internet dan Dokumentasi. Informan kunci penelitian adalah Hupmas KPU Provinsi Jawa Barat terdiri dari 3 orang dengan informan pendukung wartawan 2 orang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Menggunakan teknik analisa data ke tahap Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan Triangulasi, Meningkatkan ketekunan dan Diskusi teman sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Tujuan Komunikasi untuk silaturahmi dan pers menjadi agen utama agar pesan yang ingin kita sampaikan ke publik tersampaikan, untuk menjalin kemitraan antara stakeholder dari berbagai unsur, menginformasikan berbagai program dan kegiatan, mengklarifikasi berbagai informasi yang beredar, untuk menciptakan sebuah atmosfer komunikasi dua arah. (2) Kegiatan Komunikasi, Kegiatan Media Gathering dinilai tepat dan harapan tercapai, Kegiatan Media Gathering berupa nonton bareng (nobar), mancing bareng, touring, coffee morning, buka puasa bersama, dan press conference, Kegiatan Media Gathering bersifat Formal dan Nonformal. (3) Pesan Komunikasi, Bentuk pesan yang disampaikan adalah informasi dan persuasi, Gaya pesan yang digunakan Formal dan Nonformal, Pesan yang disampaikan berupa informasi mengenai program dan kegiatan KPU Provinsi Jawa Barat. Kesimpulan Penelitian adalah Strategi Komunikasi melalui Media Gathering dinilai ideal, tepat, mencapai tujuan Hupmas KPU Provinsi Jawa Barat dan harapannya. Strategi melalui Media Gathering untuk melakukan proses penyampaian informasi mengenai program dan kegiatan KPU Provinsi Jawa Barat melalui pers. Saran Penelitian, dapat dipertimbangkan untuk mengarsipkan foto-foto selama kegiatan Media Gathering dan jadwal kegiatan dapat dipertimbangkan secara berkelanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Tujuan Komunikasi, Kegiatan Komunikasi, Pesan Komunikasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51721

Actions (login required)

View Item View Item