Strategi Komunikasi Seksi Pencegahan Badan Narkotik Nasional Provinsi Jawa Barat Dalam Kampanye 'Stop Narkoba' Pada Lingkungan Keluarga

Florency, Irene (2017) Strategi Komunikasi Seksi Pencegahan Badan Narkotik Nasional Provinsi Jawa Barat Dalam Kampanye 'Stop Narkoba' Pada Lingkungan Keluarga.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam Kampanye ��Stop Narkoba��pada Lingkungan Keluarga. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan identifikasi sasaran khalayak, tujuan, pesan, komitmen, media, rencana komunikasi dan evaluasi sebagai sub fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Subjek penelitian ini adalah Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat yang dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa identifikasi khalayak sasaran Kampanye ��Stop ��Narkoba�� yaitu keluarga yang diperoleh melalui analisis sosial (mengenai pengetahuan, sikap, dan penyalahgunaan narkoba). Tujuan Kampanye ��Stop Narkoba�� adalah untuk memberikan informasi narkoba, peran orang tua dalam pencegahan narkoba dan akhirnya mampu menekan angka penyalahgunaan narkoba. Pesan Kampanye ��Stop Narkoba�� adalah pesan yang informatif, persuasif, dan koersif mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga. Komitmen Kampanye ��Stop Narkoba�� yaitu adanya perubahan perilaku waspada terhadap narkoba dan perubahan wawasan mengenai hukum penyalahgunaan narkoba. Media Kampanye ��Stop Narkoba�� yaitu menggunakan spanduk, stiker, buku pengetahuan narkoba, topi, brosur dan film/video penyalahgunaan narkoba. Rencana Komunikasi Kampanye ��Stop Narkoba�� yaitu kerjasama atau kesepakatan dengan pemerintah lokal dan asistensi dari pihak luar Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat. Evaluasi Kampanye ��Stop Narkoba' `dilakukan dengan evaluasi program secara keseluruhan pada akhir tahun dan evaluasi manajemen secara berkala setelah kegiatan berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini Strategi Komunikasi Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam Kampanye ��Stop Narkoba�� dapat merubah pola pikir mengenai penyalahgunaan narkoba pada lingkungan keluarga walaupun belum mampu menekan angka penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa Barat. Saran dari Penelitian ini Strategi Komunikasi Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam Kampanye ��Stop Narkoba�� pada Lingkungan Keluarga sebaiknya dapat dilaksanakan secara lebih kreatif sehingga lebih menarik bagi khalayak sasaran. Selain itu, lebih konsisten dan rutin dalam melaksanakan Kampanye ��Stop Narkoba��.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kampanye ��Stop Narkoba��, Seksi Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51722

Actions (login required)

View Item View Item