Strategi Komunikasi Kegiatan Plant Tour Oleh Departemen Komunikasi Korport PT Pindad (Persero) Bandung

Rahmat R, Raka (2017) Strategi Komunikasi Kegiatan Plant Tour Oleh Departemen Komunikasi Korport PT Pindad (Persero) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Kegiatan Plant Tour oleh Departemen Komunikasi Koprorat PT Pindad Persero Bandung dalam Memberikan Pengetahuan kepada Peserta Tour. Sub fokus dari penelitian ini yaitu: Komunikator, Pesan, Media, dan Efek. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, berjumlah 3 (tiga) orang dari Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad, dan berjumlah 2 (dua) orang dari peserta kegiatan Plant Tour. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa rancangan tujuan adanya komunikator sebagai kemudahan proses komunikasi dengan pemilihan yang langsung oleh subdepartemen protokoler klasifikasi seorang komunikator harus bersikap terbuka, ramah, memiliki daya tarik serta kompetensi harus menguasai bidang industri, pandai melakukan pendekatan dengan mengenalkan diri serta memiliki cara penyampaian yang melakukan komunikasi dua arah. Pesan memiliki rancangan isi seputar safety induction, company profile, alur proses kerja industri, rancangan bentuk pesan yaitu informatif, edukatif dan instruktif dengan rancangan gaya bahasa yang nantinya akan mudah dimengerti, rancangan tujuan pesan yang memberikan pengetahuan industri, media yang nantinya digunakan berupa alat peraga lapangan, papan alur proses industri, papan himbauan, safety induction. Efek yang dibentuk secara kognitif (pemikiran) menjadi tahu dan memahami alur proses industri, secara afektif (perasaan) rasa bahagia serta bangga, secara konatif (prilaku) peserta diharapkan harus mendalami lagi materi tentang industri, memiliki rasa disiplin dan motivasi. Simpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa rancangan kegiatan Plant Tour yang dilakukan oleh Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad (Persero) Bandung telah berjalan dengan baik, sesuai dengan strategi komunikasinya meskipun ada beberapa kekurangan dalam media yang digunakan. Saran untuk Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad (Persero) Bandung diharapkan menyediakan safety helmet di area kantor untuk keamanan peserta, lalu perlu adanya sarana digital big screen dibeberapa tempat agar penyampaian lebih efektif, perlu juga penggunaan mic wireless untuk di luar area industri, memanfaatkan Learning Centre untuk pelatihan komunikator agar lebih cakap dalam kegiatan Plant Tour, dan koordinasi sebelum kegiatan Plant Tour dengan divisi yang akan dikunjungi agar berjalan lancar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Departemen Komunikasi Korporat, PT Pindad (Persero), Kegiatan Plant Tour, Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51732

Actions (login required)

View Item View Item