Strategi Komunikasi Komunitas Bumi Inspirasi Melalui Program Bank Sampah Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Peduli Sampah Di Lingkungan

Aprilianti, Ranie (2017) Strategi Komunikasi Komunitas Bumi Inspirasi Melalui Program Bank Sampah Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Peduli Sampah Di Lingkungan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh komunitas bumi inspirasi dalam membangun kesadaran masyarakat peduli sampah di lingkungan, Untuk menjawab penelitian ini maka peneliti menggunakan empat sub fokus yaitu Tujuan, Rencana, Kegiatan, Pesan, Media, dan strategi komunikasi dari komunitas bumi inspirasi, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. informan kunci penelitian yaitu Founder komunitas bumi inspirasi dan ketua bank sampah komunitas bumi nspirasi, informan pendukung nasabah Bank sampah yang dipilih dengan menggunakan teknik snowball. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, literatur, internet searching dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari tujuan yang dilakukan oleh komunitas bumi inspirasi adalah menciptakan masyarakat peduli akan lingkungan di sekitar. Rencana yang dilakukan komunitas bumi inspirasi adalah menyebar luaskan kegiatan bank sampah dan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari pengurus dan nasabah. Kegiatan yang dilakukan komunitas bumi inspirasi ada dua macam yaitu dibidang finansial dan lingkungan. Pesan digunakan oleh pengurus untuk memotivasi para anggota yang diberikan secara langsung. Media : media yang digunakan oleh komunitas bumi inspirasi adalah, website, event, media sosial. Kesimpulan dari penelitian ini Strategi Komunikasi yang dilakukan Komunitas Bumi Inspirasi untuk menghimbau masyarakat peduli sampah dilakukan dengan berbagai cara seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah, sosialisasi kepada masyarakat bagimana memilih dan memilah sampah, mengadakan sembako murah untuk menarik masyarakat menjadi nasabah bank sampah. Saran penelitian ini untuk komunitas bumi inspirasi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat alangkah lebih baik apabila komunitas juga menerima lapisan masyarakat sebagai anggota komunitas sehingga nanti masyarakat bisa mengelola sampah secara mandiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunitas Bumi Inspirasi, Membangun
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51743

Actions (login required)

View Item View Item