Aplikasi Deteksi Plagiat Berbasis Abstrak Menggunakan Algoritma Rabin-Karp Pada Proses Pendaftaran Skripsi Di Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia

Liberthio Junior Poluan, Bryan (2017) Aplikasi Deteksi Plagiat Berbasis Abstrak Menggunakan Algoritma Rabin-Karp Pada Proses Pendaftaran Skripsi Di Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tindakan Plagiat dapat didefinisikan dengan mencuri hasil karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya pribadi tanpa mencantumkan raferensi dari sumber asli. Tindakan plagiat ini juga sering terjadi di dunia pendidikan yaitu pada tingkat universitas, dan waktu yang paling rentan terjadinya tindakan plagiat ini pada saat proses pembuatan skripsi. Di Universitas Komputer Indonesia khususnya Program Studi Sistem Informasi terdapat suatu sistem yaitu SIMITA (Sistem Informasi Skripsi/Tugas Akhir) yang untuk membantu mahasiswa dalam proses pembuatan skripsi dari proses pendaftaran sampai seterusnya. Maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi khusus untuk mendeteksi adanya tindakan plagiat yang terjadi di SIMITA. Untuk mencari kesamaan pada teks aplikasi ini menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Algoritma ini adalah algoritma untuk pencocokan string menggunakan fungsi Hash. Alasan menggunakan algoritma rabin-karp ini karena algoritma ini bekerja lebih efisien bila digunakan untuk pencarian multiple-pattern atau pencarian dengan banyak pola/kata. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian jenis deskriptif yaitu metode yang hanya menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi, situasi dan berbagai variabel. Sedangkan dalam proses pengambilan data yang dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun metode pengembangannya menggunakan metode prototype. Serta metode pendekatannya penulis menggunakan metode Object Oriented Programing (OOP) yang meliputi use case diagram, skenario use case, activity diagram, sequence diagram, class diagram, dan deployment diagram. Sedangkan implementasi dari perancangan sistem adalah bahasa pemrograman PHP dan sebagai database menggunakan MySQL. Hasil dari penelitian di Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia yaitu membantu mengembangkan sistem yang berjalan dengan membuat suatu aplikasi khusus untuk mendeteksi tindakan plagiat supaya mahsiswa program studi Sistem Informasi dapat lebih berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Plagiat, Aplikasi deteksi Plagiat, Algoritma, Algoritma Rabin-Karp, Object Oriented Programing, Prototype.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51757

Actions (login required)

View Item View Item