Analisis Pengaruh Stimulus Tokoh Sosaku Kobayashi Terhadap Tokoh Totto Chan Dalam Novel Madogiwa No Totto Chan Karya Tetsuko Kuroyanagi Pendekatan Psikologi Sastra)

Puspitasari, Astriana (2017) Analisis Pengaruh Stimulus Tokoh Sosaku Kobayashi Terhadap Tokoh Totto Chan Dalam Novel Madogiwa No Totto Chan Karya Tetsuko Kuroyanagi Pendekatan Psikologi Sastra).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Novel merupakan karangan prosa panjang yang di dalamnya menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel selalu berkaitan dengan psikologi karena didalamnya terdapat karakter yang berbeda-beda. Karakter tersebut dapat diamati dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra.Madogiwa no Totto chanmerupakan salah satu novel menarikuntuk diteliti dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra teori psikologi behavioristik, karena didalamnya terdapat perubahan karakter Totto chan sebelum pindah ke sekolah Tomoe. Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui 1) tema novel Madogiwa no Totto chan karya Tetsuko Kuroyanagi; 2)karakter tokoh Totto chan sebelum pindah sekolah ke sekolah Tomoe dalam novel Madogiwa no Totto chan; 3) stimulus yang diberikan tokoh Sosaku Kobayashi sebagai Kepala Sekolah Tomoe terhadap tokoh Totto chan dalam novel Madogiwa no Totto chan; dan 4) respon tokoh Totto chan setelah menerima stimulus dari tokoh Kepala Sekolah Sosaku Kobayashi dalam novel Madogiwa no Totto chan. Penelitian ini menggunakan metode pustaka dan catat sebagai metode pengumpulan data. Objek penelitiannya berupa kutipan-kutipan yang mengandung karakter tokoh Totto chan dan Kepala Sekolah dalam novel Madogiwa no Totto chan. Kutipan-kutipan tersebutdianalisismenggunakan metode desktiptif analisis. Karakter Totto chan dianalisis dengan menggunakan teknik penggambaran tokohnya, sedangkan karakter tokoh Kepala Sekolah yang mempengaruhi perubahan karakter tokoh Totto chan akan diteliti berdasarkan teori behavioristik B.F Skinner. Hasil penelitian ini adalah 1) Tema novel ini adalah model pengajaran yang membentuk karakter murid. Pembentukan karakter tersebut dapat terlihat dari tokoh Totto chan. 2) Sebelum pindah sekolah, Totto chan memiliki karakter yang terlalu aktif dan nakal, dimana karakter tersebut membuat Totto chan harus dikeluarkan dari sekolahnya. 3) Stimulus Kepala Sekolah terbagi menjadi dua, stimulus tak berkondisiyang berupa karakter penyabar, perhatian, bijaksana, dan percaya, dan stimulus berkondisi berupa tindakan mengatakan bahwa Totto chan anak yang baik. 4) Setelah mendapat stimulus-stimulus dari Kepala Sekolah karakter Totto chan berubah menjadi anak yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stimulus, Psikologi Sastra
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51793

Actions (login required)

View Item View Item