Multimedia Interaktif "Sakura Learning1" Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang (Buku Pelajaran Bahasa Jepang Sakura 1 Jilid 1 Bab 1-Bab 5)

Restu Fauzi, Yoga (2017) Multimedia Interaktif "Sakura Learning1" Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang (Buku Pelajaran Bahasa Jepang Sakura 1 Jilid 1 Bab 1-Bab 5).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pembelajar bahasa Jepang di Indonesia dalam berbagai tingkatan pendidikan, termasuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Tingginya peminat belajar bahasa Jepang melahirkan tuntutan terhadap media pengajaran yang menarik. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk membuat sebuah multimedia interaktif pembelajaran yang diberi nama Sakura Learning 1. Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk memaparkan langkah��langkah pembuatan dan penggunaan multimedia interaktif Sakura Learning 1 sebagai multimedia alternatif dalam pembelajaran bahasa Jepang, dan memaparkan bagaimana penggunaan multimedia interaktif Sakura Learning 1 sebagai multimedia alternatif dalam pembelajaran bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Waterfall, yaitu model pendekatan yang berurutan dalam pengembangan perangkat lunak yang diawali dengan spesifikasi kebutuhan��kebutuhan (requirements) client dan akan melalui perencanaan (planning), permodelan (modelling), konstruksi (construction), dan (deployment). Pembuatan media menggunakan software Adobe Flash CS6 dan Adobe Photoshop CS6. Namun dalam penelitian hanya dilakukan hingga tahap penyelesaian perangkat lunak. Materi Sakura Learning 1 bersumber dari buku Sakura jilid 1 bab 1 hingga bab 5. Langkah pembuatan Sakura Learning 1 adalah membuat tombol start untuk melanjutkan ke menu utama, membuat tiga tombol utama tutorial, about, studi materi serta pengaturan, tombol back/ kembali ke menu sebelumnya, tombol pilihan video dan test. Lalu dilanjutkan dengan membuat tombol video yang terdiri dari 5 bab, membuat pilihan main menu dari bab 1 sampai bab 5, membuat video menggunakan flash, membuat tes atau kuis pada media, mengexport file media menjadi format swf, dan mempublish media menjadi format exe. Untuk menggunakan Sakura Learning 1 dapat dilakukan dengan menekan tombol Start untuk masuk ke menu utama, lalu memilih tombol yang terdapat pada menu diantaranya tombol Start, MenuTutorial, About, pengaturan, tombol minimize/maximize, tombol studi materi, tombol tes dan tombol exit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Buku Sakura Jilid 1, Sakura Learning 1
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51794

Actions (login required)

View Item View Item