Fungsi Dan Penggunaan Shuujoshi Berdasarkan Jishou Daimeishi Danseigo, Joseigo, Dan Netral Dalam Manga Rurouni Kenshin Volume 8 Dan 9

Oktarinda, Hana (2017) Fungsi Dan Penggunaan Shuujoshi Berdasarkan Jishou Daimeishi Danseigo, Joseigo, Dan Netral Dalam Manga Rurouni Kenshin Volume 8 Dan 9.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Shuujoshi merupakan partikel yang terdapat pada akhir kalimat. Jishou daimeishi sendiri merupakan pronomina persona pertama. Dalam penggunaan shuujoshi maupun daimeishi terdapat penggunaan dalam danseigo (ragam bahasa pria) dan penggunaan dalam joseigo (ragam bahasa perempuan). Dalam kalimat yang berdasarkan jishou daimeishi terdapat penggunaan shuujoshi yang memiliki bermacam-macam fungsi dan faktor yang mempengaruhinya. Selain digunakan dalam percakapan, shuujoshi dan jishou daimeishi juga banyak digunakan dalam manga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan faktor yang mempengaruhi penggunaan shuujoshi berdasarkan jishou daimeishi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data mengenai penggunaan shuujoshi berdasarkan jishou daimeishi danseigo, joseigo, dan netral diambil dari manga Rurouni Kenshin volume 8 dan 9. Data shuujoshi yang terkumpul diklasifikasikan berdasarkan penggunaan jishou daimeishi danseigo, joseigo, dan netral, dan diuraikan fungsi dan faktor yang mempengaruhi penggunaannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1)Dari data penggunaan shuujoshi berdasarkan jishou daimeishi, terkandung makna untuk mempertegas kalimat dan menyampaikan suatu hal pada lawan bicara. 2) Faktor yang mempengaruhi penggunaan jishou daimeishi dengan shuujoshi diantaranya tingkat keakraban pembicara dengan lawan bicara, situasi antara pembicara dengan lawan bicara, penekanan atas apa yang ingin diucapkan oleh pembicara, gender pembicara, perasaan yang ingin diungkapkan oleh pembicara terhadap lawan bicara, dan sifat pembicara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Linguistik, Shuujoshi, Jishou Daimeishi, Danseigo, Joseigo
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51796

Actions (login required)

View Item View Item