Media "Tensai2" Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang Kelas XII SMA/Sederajat (buku Sakura 3 Bab 46-Bab 50)

Kusuma Wardani, Indah (2017) Media "Tensai2" Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang Kelas XII SMA/Sederajat (buku Sakura 3 Bab 46-Bab 50).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut para guru untuk lebih banyak menghabiskan waktu mengurus administrasi, sehingga para guru memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menyusun materi dan membuat media pembelajaran, ditambah lagi keterbatasan keterampilan untuk membuat media itu sendiri khususnya untuk mata pelajaran bahasa Jepang. Maka dari itu penulis membuat media Tensai 2 sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Jepang berdasarkan buku Sakura jilid 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan media, cara pengoperasian media, serta mengetahui pendapat responden terhadap media Tensai 2. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media Tensai 2 dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS5. Terdapat delapan langkah dalam pembuatan media ini, mulai dari persiapan hingga media selesai. Sampel dari penelitian ini adalah delapan guru bahasa Jepang tingkst SMA/Sederajat di kota Bandung. Berdasarkan tanggapan responden secara keseluruhan mengenai materi media, tampilan media dan kegunaan media, Tensai 2 termasuk kedalam interval yang cukup baik dengan nilai kriterium yang berjumlah 379. Namun masih terdapat kekurangan dalam media Tensai 2, yaitu kurangnya soal pada fukushuu, kurang tepatnya kalimat pada bagian kaiwa dan kurang sesuainya gambar pada bagian kotoba. Dalam penelitian ini, penulis hanya melaksanakan penelitian sampai tahap mencari tanggapan responden, oleh karena itu diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menguji keefektivitasan dari media Tensai 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media, Tensai 2, Pembelajaran, bahasa Jepang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51797

Actions (login required)

View Item View Item