Media "Tensai 3" Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang Kelas XII SMA/Sederajat (Buku Sakura Bab 51-Bab 55)

Kameswari, Ditha (2017) Media "Tensai 3" Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang Kelas XII SMA/Sederajat (Buku Sakura Bab 51-Bab 55).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mata pelajaran bahasa Jepang di beberapa sekolah hanya dijadikan mata pelajaran tambahan atau pilihan saja. Mata pelajaran bahasa Jepang yang dilakukan satu kali dalam seminggu membuat proses belajar mengajar kurang efektif dengan materi pembelajaran yang cukup banyak. Pada kurikulum 2013 selain menuntut siswa untuk belajar dengan mandiri, guru juga dituntut untuk bisa membuat media alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Namun kurangnya kemampuan guru dan keterbatasan waktu dalam membuat media alternatif pembelajaran membuat guru tidak dapat merealisasikannya. Oleh karena itu, penulis membuat media Tensai 3 sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Jepang berdasarkan buku Sakura jilid 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan media, cara penggunaan media, serta tanggapan responden terhadap media Tensai 3. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada proses pembuatan media, penulis menggunakan software Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop CS6, serta bantuan suara penutur dari Online Japanese Accent Dictionary (OJAD) sebagai software pendukung dalam pembuatan media. Responden dalam penelitian ini adalah delapan orang guru bahasa Jepang SMA yang berada di kota Bandung. Berdasarkan tanggapan responden secara keseluruhan mengenai materi media dan tampilan media, media Tensai 3 termasuk ke dalam interval baik dengan nilai kriterium berjumlah 392. Namun dalam media Tensai 3 masih terdapat kekurangan yaitu fukushuu dan gambar yang kurang banyak, pemilihan gambar yang kurang sesuai, efek suara terlalu kencang, jenis huruf yang terlalu kecil, dan kurangnya penggantian kata menjadi bentuk pasif, negatif, dan lain-lain. Pada penelitian ini, hanya mencari tanggapan dari responden saja, oleh karena itu diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mencari keefektivitasan media Tensai 3.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Alternatif, Pembelajaran Bahasa Jepang, Tensai 3
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51799

Actions (login required)

View Item View Item