Analisis Framing Dalam Perancangan Visualisasi Simbol Abstrak Pada Sampul Depan Novel Supernova Penerbit Bentang Pustaka

Fathya Luqman, Ria (2017) Analisis Framing Dalam Perancangan Visualisasi Simbol Abstrak Pada Sampul Depan Novel Supernova Penerbit Bentang Pustaka.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sampul novel merupakan salah satu media promosi sebuah novel dan nilainya sama dengan kata pengantar. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, visualisasi sampul novel di Indonesia umumnya menampilkan figur dengan gaya realis. Di era modern semenjak masuknya internet, berdampak pada visualisasi sampul novel yang makin beragam, namun pada umumnya masih banyak yang menampilkan figur dalam sampulnya. Tahun 2012-2014, Penerbit Bentang Pustaka menerbitkan 5 novel Supernova karya Dee Lestari yang sampulnya dirancang oleh desainer Fahmi Ilmansyah dengan gaya visual yang berbeda dari kebanyakan novel di Indonesia, yaitu menampilkan viusalisasi simbol abstrak pada sampul novelnya. Penelitian ini membahas 5 sampul novel Supernova yang diterbitkan oleh Penerbit Bentang Pustaka. Novel-novel tersebut adalah Supernova seri 1 Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh (2012), seri 2 Akar (2012), seri 3 Petir (2012), seri 4 Partikel (2012), dan seri 5 Gelombang (2014). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan analisis framing yaitu bahasan tentang aspek penyeleksian sebuah isu atau realitas untuk ditonjolkan agar terlihat lebih menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan desainer terhadap 5 sampul novel Supernova Penerbit Bentang Pustaka dengan visualisasi simbol abstrak, pada sampul Supernova seri 1, 3, dan 5 menyeleksi bagian klimaks cerita dalam novel, sedangkan seri 2 dan 4 menyeleksi bagian konflik cerita dalam novel. Antara makna simbol abstrak dan realitas dalam isi novel yang telah diseleksi, memiliki keterkaitan satu sama lain, kecuali pada sampul seri 5. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa desainer telah membingkai (framing) bagian yang dianggap penting dalam novel dan faktor diluar isi novel seperti usia novel yang sudah lama, segmentasi, dan upaya pembangunan identitas visual novel turut mempengaruhi framing desainer dalam menampilkan visual simbol abstrak pada sampul depan novel Supernova.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sampul, Novel, Simbol, Supernova, Dee Lestari
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51838

Actions (login required)

View Item View Item