Pergeseran Fungsi Bentuk Dan Tatanan Alun-Alun Dari Masa Tradisional Hingga Modern (studi kasus: Alun-alun Kota Bandung)

Moch, and Hardiawan, Ekki (2017) Pergeseran Fungsi Bentuk Dan Tatanan Alun-Alun Dari Masa Tradisional Hingga Modern (studi kasus: Alun-alun Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ruang publik merupakan ruang yang digunakan oleh kelompok orang yang tinggal dalam suatu wilayah teritori tertentu yang dikontrol oleh suatu kelompok atau agen yang mewakili kelompok tersebut. Alun-alun adalah sebuah ruang publik terbuka dipusat kota, yang merupakan ciri pusat kota tradisional di pulau Jawa salah satunya adalah Alun-alun kota Bandung. Alun-alun Bandung mengalami beberapa kali perubahan bentuk fisik dari masa ke masa yang menyebabkan suatu pergeseran fungsi. Penelitian ini mengkaji komponen-komponen fungsional yang berada disekitar alun-alun Bandung yakni Masjid, Penjara, Pemerintahan, Alun-alun (lapangan) dan Perniagaan, dengan tujuan untuk mengetahui apa-bagaimana dan sebab-akibat terjadinya fenomena pergeseran fungsi alun-alun berdasarkan periode-periode tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Prinsip Totalitas, Prinsip Waktu dan Prinsip Nilai dari W. H. Mayall untuk membedah fitur-fitur yang ada pada komponen-komponen alun-alun dan mengindikasi faktor apa yang berubah, apa yang tetap (dipertahankan), apa yang hilang, apa yang baru dari periode-periode alun-alun kota Bandung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebuah desain aspek fungsi (performance) dan estetika (form) saling berkaitan satu sama lain, terjadinya perubahan pada salah satu aspek mempengaruhi aspek yang lain. Adapun perubahan yang terjadi pada sebuah desain dipengaruhi oleh aspek-aspek non �� desain. Dalam kasus pergeseran fungsi, bentuk dan tatanan alun-alun Bandung perubahan yang terjadi dilaterbelakangi oleh 3 (tiga) faktor yaitu: Faktor Manusia (need, will dan fear), Faktor Lingkungan dan Faktor Politik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ruang Publik, Alun-alun, Fungsi, Estetika
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51844

Actions (login required)

View Item View Item