Komparasi Ciri-Ciri Visual Uang Kertas Indonesia Pada Masa Ekonomi Terpimpin (1959-1966) Dan Pada Masa Stabilisasi, Rehabilitasi Dan Pembangunan Ekonomi (1966-1983)

Hakim, Lukmanul (2017) Komparasi Ciri-Ciri Visual Uang Kertas Indonesia Pada Masa Ekonomi Terpimpin (1959-1966) Dan Pada Masa Stabilisasi, Rehabilitasi Dan Pembangunan Ekonomi (1966-1983).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Uang kertas merupakan alat transaksi yang digunakan dalam sistem ekonomi modern, dan sampai saat ini masih menjadi salah satu alat pembayaran utama yang berlaku di masyarakat. Di Indonesia uang kertas tercatat sebagai salah satu mata uang yang paling banyak mengalami perubahan. Berdasarkan pada tonggak-tonggak sejarah yang menunjukkan perkembangan tugas dan peran Bank Indonesia, maka Bank Indonesia membagi sejarah tersebut atas 6 (enam) periode. Salah satunya yaitu periode II Bank Indonesia pada masa ekonomi terpimpin (1959-1966), dan periode III Bank Indonesia pada masa stabilisasi, rehabilitasi, dan pembangunan ekonomi (1966-1983). Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri terkait permasalahan apa saja faktor penyama, faktor pembeda, kenapa dan bagaimana perbedaan representasi yang muncul melalui perkembangan ciri-ciri visual uang kertas pada 2 (dua) periode tersebut peneliti menggunakan Value Analysis sebagai perangkat pembedahan sehingga pada akhirnya memunculkan kesesuaian antara aspek tangible (yang diwakili secara visual) dengan aspek intangible (yang diwakili oleh misi ideologis). Dari hasil Value Analysis uang kertas pada 2 (dua) periode tersebut, nilai guna/use value terkait dengan fungsi dasar ciri-ciri visual uang kertas umumnya merupakan paduan antara nilai estetik modern dengan nilai estetik tradisi. Adapun nilai pesan yang disampaikan kepada khalayak yaitu berupa ilustrasi gambar utama berperan penting sebagai esteem value/nilai kebanggan terkait nilai yang tercapai dari tujuan dasar uang kertas pada setiap seri/emisi. Pada akhirnya terdapat 2 (dua) figur dalam ilustrasi gambar utama uang kertas yang sah adalah sosok Soekarno dan sosok Soedirman menjadi sebuah metafora dalam merepresentasikan pengaruh penguasa saat itu yang kemudian menjadi ciri ideologis pada 2 (dua) periode tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Uang kertas, ciri-ciri visual, Value Analysis, periode II & periode III
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51846

Actions (login required)

View Item View Item