Pembangunan Aplikasi Docpark Untuk Paduan Parkir Dan Laporan Parkir Liar Di Dinas Perhubungan Kota Bandung Memanfaatkan GPS Dan Sensor Compass Pada Smartphone Android

Iksan, Muhammad (2017) Pembangunan Aplikasi Docpark Untuk Paduan Parkir Dan Laporan Parkir Liar Di Dinas Perhubungan Kota Bandung Memanfaatkan GPS Dan Sensor Compass Pada Smartphone Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan roda dua maupun roda empat di Kota Bandung setiap tahunnya kian meningkat, hal ini berdampak pada peningkatan kebutuhan tempat parkir. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Bandung jumlah kendaraan di Kota Bandung mencapai 1,2 juta kendaraan yang terbagi 400 ribu kendaraan mobil dan 800 ribu kendaraan sepeda motor dan jumlah ini belum termasuk kendaraan dari luar Kota Bandung yang datang berlibur ataupun jalan-jalan di Kota Bandung. Dengan jumlah kendaraan sebesar itu maka sangat dibutuhkan lahan parkir yang merupakan lahan parkir resmi dari Dinas Perhubungan Kota Bandung sendiri, agar tidak terjadi parkir liar yang menyebabkan kemacetan lalu lintas, tindakan kejahatan, dan tarif parkir nya yang tidak sesuai dengan tarif parkir resmi. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan perlunya membangun perangkat lunak yang dapat membantu permasalahan pengguna kendaraan yang sudah dipaparkan sebelumnya. Perangkat lunak yang dibangun harus berjalan pada media yang mudah untuk diakses dan dibawa kemana saja seperti smartphone. Docpark adalah sebuah perangkat lunak untuk panduan parkir dan laporan parkir liar yang berjalan pada perangkat mobile. Perangkat lunak docpark dibangun menggunakan dua pemodelan, yaitu pemodelan terstruktur untuk sub sistem web dan pemodelan berbasis objek untuk sub sistem mobile. Platform yang digunakan untuk sub sistem mobile adalah android, dengan pertimbangan bahwa android saat ini memiliki pengguna paling besar di dunia. Selain itu untuk mendukung kinerja perangkat lunak yang lebih baik, perangkat lunak docpark ini memanfaatkan teknologi pihak ketiga seperti teknologi GPS dan Sensor Compass untuk ketersediaan data lokasi pengguna. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode pengujian black box dan beta dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak docpark telah mempermudah pengguna kendaraan ataupun masyarakat untuk mencari tempat parkir resmi dan panduan parkir yang ada di Kota Bandung, serta dapat melaporkan parkir liar yang secara realtime.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Docpark, Parkir, GPS, Sensor Compass, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51855

Actions (login required)

View Item View Item