Penerapan Algoritma Zhu-Takaoka, Levenshtein Dan CYK (Cocke-Younger-Kasami) Pada Kasus Perbaikan Kesalahan Penulisan Kata Dan Perbaikan Struktur Kalimat Dalam Bahasa Indonesia

Saepudin, Aep (2017) Penerapan Algoritma Zhu-Takaoka, Levenshtein Dan CYK (Cocke-Younger-Kasami) Pada Kasus Perbaikan Kesalahan Penulisan Kata Dan Perbaikan Struktur Kalimat Dalam Bahasa Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain. Suatu tata bahasa harus bisa dibuktikan secara ilmiah oleh setiap orang, di setiap tempat dan pada setiap waktu. Oleh karena itu, seorang penulis harus memperhatikan penulisan dan struktur kalimat dalam suatu bahasa karena penulisan dan struktur kalimat akan berpengaruh dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan. Hal inilah yang mendasari perlunya diadakan penelitian tentang perbaikan kesalahan penulisan kata dan pemeriksaan struktur kalimat.Algoritma yang digunakan dalam perbaikan kata dan perbaikan struktur kalimat, di antaranya algoritma Zhu-Takaoka, Levenshtein dan CYK (Cocke-Younger-Kasami). Algoritma Zhu-Takaoka merupakan salah satu algoritma pencocokan string. Dalam proses pencarian string algoritma Zhu-Takaoka terdapat beberapa tahap, yaitu preprocessing, right-to-left scan, bad character rule dan good-suffix rule. Algoritma Levenshtein merupakan algoritma yang digunakan untuk mencari jumlah operasi string yang paling sedikit untuk menstransformasikan suatu string menjadi string yang lain. Algoritma CYK merupakan salah satu algoritma yang dapat mengenali apakah sebuah string dapat dikatakan sebagai kalimat. Dari ketiga algoritma tersebut akan dilakukan penerapan, sehingga mengetahui algoritma Zhu-Takaoka, Levenshtain dan CYK dalam memberikan rekomendasi perbaikan kata dan perbaikan struktur kalimat. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, didapat hasil dari penerapan algoritma Zhu-Takaoka, Levenshtein dan CYK dalam kasus perbaikan kesalahan penulisan kata dan perbaikan struktur dalam bahasa Indonesia menyatakan bahwa hasil pengujian perbaikan kata didapatkan nilai sebesar 76, 4%. Begitu juga dengan pengujian struktur didapat nilai sebesar 84, 21%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga algoritma tersebut sudah cukup baik dalam memperbaiki kata dan memperbaiki struktur kalimat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Algoritma, Zhu-Takaoka, CYK, Levenshtein, Perbaikan Kata, Perbaikan Struktur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51858

Actions (login required)

View Item View Item