Perancangan Dan Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Icinaga Dan Powerdns Di PT. Pacific Telematika Indonesia

Puji Ramadhan, Selamet (2017) Perancangan Dan Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Icinaga Dan Powerdns Di PT. Pacific Telematika Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Pacific Telematika Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, salah satu layanan yang diberikan adalah Internet Service Provider (ISP) selain layanan tersebut PT. Pacific Telematika Indonesia memiliki layanan colocation yaitu menempatkan komputer server pelanggan di rak PT. Pacific Telematika Indonesia yang digunakan oleh, baik itu instansi pemerintahan, swasta atau perorangan. Dalam menjaga kondisi jaringan ditemukan beberapa masalah, yaitu sulitnya memantau kondisi jaringan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi seperti perubahan status jaringan dari hidup ke mati dan sebaliknya. Kondisi tersebut tidak terawasi sepenuhnya dikarenakan keterbatasan Technical Network & System yang harus mengawasi dengan cara mengecek kondisi server satu per satu. Selain itu, penanggulangan terhadap server jika mengalami gangguan, masih dilakukan secara manual. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan sebuah sistem monitoring jaringan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan tujuan untuk memudahkan Technical Network & System dalam memonitoring jaringan dan dapat menanggulangi permasalahan terhadap server jika mengalami gangguan, dengan cara pengalihan jalur DNS terhadap server alternatif yang disebut DNS failover. Sistem yang diimplementasikan menggunakan Application Programming Interface (API) sebagai jembatan untuk komunikasi antara Sistem Monitoring jaringan dengan Sistem Domain Name System. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Sistem Monitoring Jaringan yang diimplementasikan dapat digunakan oleh pihak perusahaan untuk memonitoring server dan mempermudah Technical Network & System, Serta DNS Failover yang diimplementasikan dapat menanggulangi permasalahan yang terjadi. jika terjadi masalah pada server.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring Jaringan, DNS Failover, API.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51866

Actions (login required)

View Item View Item