Implementasi Speech Recognition Pada Multimedia Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Sistem Operasi Android

Yusup, Mulana (2017) Implementasi Speech Recognition Pada Multimedia Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Sistem Operasi Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Banyak media yang bisa digunakan untuk mengenal huruf hijaiyah. Salah satu media yang sering digunakan adalah Iqra. Iqra biasa dipelajari di tempat pendidikan awal seperti TK (Taman Kanak), ataupun di rumah. Berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner kepada orang tua anak, bahwa anak lebih cepat bosan dengan proses pembelajaran di TK (Taman Kanak) Selain itu, buku konvesional digunakan berulang-ulang media akan mudah rusak dan. Adapun masalah lain yang dihadapi ketika anak-anak ingin belajar mengenal huruf hijaiyah, seperti belajar pengucapan hurufnya pada pengucapan huruf hijaiyah anak kesulitan membaca dan membedakan. Speech recognition merupakan proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input suara). Speech recognition sebagai teknologi yang digunakan untuk mengenali suara dapat menjadi media belajar dalam menambah fitur pembelajaran yang interaktif. Berdasarkan hasil yang didapatkan adalah media pembelajaran yang dibangun dapat membantu pelajar untuk lebih memahami materi, dengan menggunakan teknologi speech recogition ini dapat membantu pelajar untuk memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Speech Recognition, Mel Frequency Cespstral Coefficient (MFCC), Dynamic Time Warping (DTW), Multimedia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51870

Actions (login required)

View Item View Item