Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Teknik Otomotif Mesin Diesel Konvensional Untuk Kelas XI (studi Kasus: SMK Bhakti PUSDIKPAL Cimahi)

Lee Lumingkewas, Steven (2017) Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Teknik Otomotif Mesin Diesel Konvensional Untuk Kelas XI (studi Kasus: SMK Bhakti PUSDIKPAL Cimahi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah dalam metode pembelajaran konvensional khususnya pada mata pelajaran teknik otomotif di kelas XI SMK KB Pusdikpal Cimahi. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Agus Saripudin selaku kepala program teknik otomotif yang juga merangkap sebagai pengajar teknik otomotif mengatakan bahwa alat praktikum yang disediakan terbatas hanya 3 unit mesin diesel. Begitu pula dengan hasil kuisioner penelitian awal terhadap pelajar kelas XI teknik otomotif SMK KB Pusdikpal Cimahi dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran yang disampaikan kurang dipahami dan alat praktikum yang disediakan terbatas, dampak dari permasalahan tersebut menyebabkan banyak pelajar yang belum kompeten pada mata pelajaran teknik otomotif mesin diesel konvensional. Pada penelitian ini, metode luther sutopo digunakan untuk pembangunan aplikasi media pembelajaran dimana tahapannya adalah konsep, desain, pengumpulan materi, perancangan dan pengujian. Untuk proses pembelajaran menggunakan metode Computer Aided Learning (CAL), dimana metode tutorial digunakan pada penjelasan materi dan komponen sedangkan metode simulasi digunakan pada bagian pemasangan komponen-komponen mesin diesel konvensional. Aplikasi media pembelajaran yang dibangun merupakan simulasi aplikasi pembelajaran mesin diesel konvensional berbasis desktop berobjek 3D yang dapat membantu mengatasi keterbatasan alat praktikum dan meningkatkan nilai kompetensi teknik otomotif mesin diesel konvensional yang dapat dilihat berdasarkan data hasil pengujian Acceptance yang dilakukan pada tiap kelas XI Teknik Otomotif didapatkan tingkat persetujuan terhadap aplikasi ini yaitu diatas 80% dan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan cara Pre Test dan Post Test yaitu pada nilai rata-rata pelajar mengalami kenaikan, pada kelas XI TO 1 nilai rata-rata 73,9 menjadi 86,3, pada kelas XI TO 2 nilai rata-rata 71,2 menjadi 83,5 dan pada kelas XI TO 3 nilai rata-rata 73,3 menjadi 84,1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mesin diesel konvesional, pembelajaran, simulasi, tutorial
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51879

Actions (login required)

View Item View Item