Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pemandu Wisata Wilayah Ciayumajakuning Menggunakan Metode Markerless Berbasis Mobile Android

Pamungkas, Meylyy (2017) Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pemandu Wisata Wilayah Ciayumajakuning Menggunakan Metode Markerless Berbasis Mobile Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ciayumajakuning merupakan kekuatan ekonomi yang baru dan besar di Jawa Barat setelah kawasan Bandung. Sektor pariwisata menjadi salah satu andalan di wilayah tersebut, untuk itu diperlukan peningkatan pelayanan pada sektor ini sehingga diharapkan dapat meningkatan perekonomian masyarakat Ciayumajakuning. Bagi wisatawan yang baru pertama kali akan mengunjungi tempat wisata di wilayah Ciayumajakuning. Seringkali muncul masalah dalam memperoleh informasi, seperti lokasi objek wisata dan rute untuk mencapainya. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dibangun sebuah aplikasi pemandu wisata yang dapat memudahkan wisatawan dalam mencari informasi lokasi dan mendapatkan gambaran mengenai objek wisata yang hendak dikunjungi. Metode untuk membangun aplikasi pemandu wisata ini adalah dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality yang diintegrasikan dengan data POI (Point of Interest) yang menampilkan posisi lokasi suatu objek dalam bentuk simbol secara nyata dari aplikasi smartphone. Berdasarkan hasil pengujian beta yang telah dilakukan. Aplikasi yang dibangun dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner pada pertanyaan nomor 3 dimana pada pertanyaan tersebut mendapatkan nilai presentase 90% dari 100% atau dapat juga dikategorikan user sangat setuju bahwa aplikasi dapat memberikan informasi tempat wisata di Ciayumajakuning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ciayumajakuning, Objek_Wisata, Pemandu_Wisata, Augmented_Reality, POI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51895

Actions (login required)

View Item View Item