Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Promosi Objel Wisata Wilayah Ciayumajakuning Menggunakan Marker Berbasis Mobile Android

Arif Ramoza, Raja (2017) Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Promosi Objel Wisata Wilayah Ciayumajakuning Menggunakan Marker Berbasis Mobile Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Wilayah Ciayumajakuning merupakan kekuatan ekonomi yang baru dan besar di Jawa Barat sesudah kawasan Bandung Raya. Untuk mengoptimalkan pembangunan di sana, setiap kabupaten dan kota seharusnya menggabungkan bermacam ragam potensi daerah, salah satunya adalah potensi wisata. Wilayah Ciayumajakuning memiliki banyak wisata yang unik, menarik dan layak untuk dikunjungi. Namun sayangnya promosi yang dilakukan kurang menarik minat para wisatawan. Berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan aplikasi promosi objek wisata agar mempermudah para wisatawan memperoleh informasi berupa gambaran dari objek wisata yang ingin dikunjungi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah wisatawan dapat melihat secara real objek wisata yang ingin dikunjungi, karena gambaran objek wisata akan tampil di layar smartphone Android dengan animasi tiga dimensi yang menarik yang akan membuat para wisatawan bisa merasakan seakan-akan mereka berada di lokasi tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena teknologi Augmented Reality yang dapat membuat kelima panca indera pengguna langsung bekerja terutama dalam hal melihat, mendengar (aplikasi menampilkan sound yang menarik) dan seakan-akan menyentuh dan merasakan lokasi tersebut. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah agar dapat menarik minat wisatawan sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning sehingga jumlahnya meningkat dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dibidang pariwisata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Objek Wisata, Ciayumajakuning, Aplikasi Promosi Objek Wisata, Augmented reality
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51903

Actions (login required)

View Item View Item