Peran TVRI Jawa Barat Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Dalam Menyebarluaskan Informasi Pendidikan (studi Desriptif Peran TVRI Jawa Barat Sebagai Lembaga Penyiaran Publik dalam Menyebarkuaskan Informasi Pendidikan Kepada Masyarakat di Kota Bandung)

Imam Ramadhan, Rizaldi (2017) Peran TVRI Jawa Barat Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Dalam Menyebarluaskan Informasi Pendidikan (studi Desriptif Peran TVRI Jawa Barat Sebagai Lembaga Penyiaran Publik dalam Menyebarkuaskan Informasi Pendidikan Kepada Masyarakat di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran TVRI Jawa Barat dalam menyebarluaskan informasi pendidikan dimana tujuannya untuk mengetahui pengawasan, penafsiran, pertalian, dan penyebaran nilai-nilai TVRI Jawa barat sebagai lembaga penyiaran publik dalam menyebarluaskan informasi pendidikan kepada masyarakat di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarian data online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Pengawasan terhadap konten siaran yang mendidik didalam program acaranya maupun secara teknis dan non teknis. Selain itu dalam pengolahan informasi pendidikan sesuai dengan tugas keredakturannya. Penafsiran TVRI Jawa Barat mengenai sebuah konten siaran yang terdapat pada program acara Jabar Dalam Sepekan, TVRI Jawa Barat dalam hal ini membuat penafsiran mengenai pristiwa yang hangat atau isu pendidikan yang beredar selama satu minggu. Pertalian antara TVRI Jawa Barat dengan masyarakatnya ini melalui konten siaran pendidikan yang terdapat pada program acara dialog publik dimana TVRI Jawa Barat dan masyarakat menyatukan presepsinya dalam sebuah pertalian. Penyebaaran nilai-nilai luhur yang mendidik dalam memperkenalkan budaya indonesia dalam pengolahan informasi pendidikan sesuai dengan tugas sebagai lembaga penyiaran publik. Kesimpulan dari data yang diperoleh melalui wawancara dengan informan menghasilkan bahwa peran TVRI Jawa Barat dalam menyebarluaskan informasinya dapat mengolah berita untuk siap tayang dan memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan oleh pemirsa TVRI Jawa Barat dan memenuhi kode etik jurnalistik dengan berita-berita yang mendidik dan aktual. Saran peneliti, Terwujudnya visi TVRI secara bertahap sebagai sumber informasi, pendidikan dan hiburan yang terpercaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menjaga kebudayaan dan budaya nasional, serta turut memelihara persatuan dan kesatuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran, TVRI Jawa Barat, Komunikasi Massa, Lembaga Penyiaran Publik, Menyebarluaskan Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51910

Actions (login required)

View Item View Item