Gaya Komunikasi Kepala Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Bandung (studi Fenomenologi Mengenai Gaya Komunikasi Kepala YKAKI Bandung Pada Program Outing Class Dalam Memberikan Semangat Menjalani Hidup Bagi Anak Penderita Kanker)

Setiawan, Iwan (2017) Gaya Komunikasi Kepala Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Bandung (studi Fenomenologi Mengenai Gaya Komunikasi Kepala YKAKI Bandung Pada Program Outing Class Dalam Memberikan Semangat Menjalani Hidup Bagi Anak Penderita Kanker).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Komunikasi Kepala Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Bandung. Penelitian ini untuk menjawab tujuan penelitian maka fokus penelitian adalah mengenai gaya komunikasi yang dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi Fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa gaya komunikasi dilihat dari komunikasi verbal berupa komunikasi lisan melalui penggunaan bahasa Indonesia pada program outing class dan penggunaan bahasa daerah berupa bahasa Sunda dan bahasa Jawa ketika di rumah singgah sehingga penyampaian pesan lebih mudah diterima oleh anak-anak. Komunikasi non verbal berupa penggunaan bahasa tubuh yaitu ekspresi wajah. Nada suara yang digunakan bukanlah nada suara lemah lembut melainkan nada suara lantang penuh semangat yang membuat anak-anak ikut semangat. Hal tersebut hanya dilakukan pada anak-anak kanker dan berbeda ketika berkomunikasi dengan orang umum lainnya. Hubungan berupa jarak intim dan sentuhan yang dilakukan berupa kata-kata semangat yang dilakukan pada saat outing class berlangsung dan di luar kegiatan itu sentuhan bisa juga berupa rangkulan atau pelukan kepada anak-anak penderita kanker. Kesimpulan gaya komunikasi Kepala YKAKI Bandung pada program outing class dalam menumbuhkan semangat menjalani hidup pada anak-anak penderita kanker adalah gaya komunikasi dominant style dan friendly style. Semangat terlihat dari ekpresi kebahagiaan, kemauan menjalankan pengobatan dan terbentuknya semangat untuk menjalani hidup. Saran bagi Kepala YKAKI Bandung adalah menambah pengetahuan dalam bahasa daerah lainnya selain bahasa Sunda dan bahasa Jawa agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh anak-anak kanker dari daerah lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi non verbal, outing class, YKAKI Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51915

Actions (login required)

View Item View Item