Representasi Simbol Anarchy Pada Logo Band Maaink (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce Mengenai Representasi Simbol Anarchy Pada Logo Band MAAINK di Kota Bandung)

Zulfirzarrahman, Irsan (2017) Representasi Simbol Anarchy Pada Logo Band Maaink (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce Mengenai Representasi Simbol Anarchy Pada Logo Band MAAINK di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Representasi Simbol Anarchy Pada Logo Band MAAINK. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari Representasi, Object dan Interpretant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotik Charles Sanders Pierce dengan subyek penelitian adalah Band MAAINK. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah perpanjangan pengamatan dan triangulasi data. Tekhnik analisa data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyaji data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan representament dalam logo band MAAINK berada pada background kepala tengkorak manusia dan warna hitam dominan pada logo tersebut yang dapat di maknai sebuah ketegasan dan menakutkan. Berdasarkan object nya terdapat dalam penyisipan simbol anarchy yang disimpan di kening kepala tengkorak manusia dan font yang digunakan pada tulisan MAAINK dan psycho-punk yang dimaknai sebagai sebuah identitas. Dan juga warna merah yang digunakan pada font MAAINK dan psycho-punk yang memiliki makna energi perjuangan. Berdasarkan nterpretant adanya pemposisian sebuah makna pada penempatan simbol anarchy dalam kening tengkorak manusia yang dapat dimaknai menjadi keberanian dan kekuatan. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dalam merepresentasikan simbol anarchy pada logo band MAAINK, berdasarkan Charles Sander Pierce Semiotika makna representament (qualisign, sinsign, legisign), object (ikon, indeks, simbol) dan interpretant (Rheme, Dicentsign, Argument). Telah mampu menguraikan makna tanda dasar dan terkecil, sehingga makna atau maksud sebenarnya dari logo tersebut dapat diketahui. Saran dari penelitian ini, agar dapat lebih memahami lagi apa itu arti logo dalam sebuah band, merchandise atau pun yang lainnya yang berhubungan dengan sebuah logo khususnya band MAAINK dalam menjaga nama baik band dan untuk membuat logo ini sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Representasi Simbol Anarchy, Band MAAINK , Logo
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51916

Actions (login required)

View Item View Item